Bupati dan Wakil Bupati Asahan Sidak Perdana di 4 Dinas

Bupati dan Wakil Bupati Asahan Sidak Perdana di 4 Dinas

Topmetro.news – Pasca dilantiknya menjadi Bupati dan Wakil Bupati Asahan periode 2021-2024 oleh Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi tanggal 26 Februari 2021, H. Surya BSc dan Taufik Zainal Abidin Siregar SSos MSi melakukan sidak perdana ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu, Rumah Sakit Umum Daerah HAMS Kisaran dan Dinas Sosial, Kamis (4/3/2021).

Bupati dan Wakil Bupati Asahan didampingi Sekda, Drs John Hardi Nasution MSi, Asisten Administrasi Umum, Khaidir Afrin SE dan Kasat Pol PP, Sofiyan Manullang SSos.

H Surya menyampaikan tujuan sidak untuk melihat secara langsung pelayanan publik yang diberikan kepada masyarakat. Apakah pelayanannya sudah maksimal atau belum. Sebagai pelayan masyarakat kita harus memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat dan jika ada kekurangan, kita harus memperbaiki kekurangan. Sehingga masyarakat merasa nyaman dengan pelayanan yang kita berikan, karena itu merupakan hal yang paling utama.

Dalam menjalankan roda Pemerintahan nantinya, Bupati dan Wakil Bupati Asahan akan menerapkan 3T. Yakni Tertib administrasi, Tertib anggaran dan Tertib bertugas. Sehingga apa yang menjadi visi misi Pemerintah Kabupaten Asahan terwujudnya Asahan yang sejahtera, religius dan berkarakter dapat terwujud. Kepada masyarakat saya minta untuk tidak menggunakan calo dalam mengurus administrasinya, lakukan segala sesuatunya dengan prosedur yang telah ditentukan.

Lebih lanjut, H Surya mengatakan Pemkab Asahan melalui Disdukcapil telah membuka pelayanan penerbitan Kartu Keluarga (KK) dan Akte Kelahiran di Kantor Camat Pulau Rakyat untuk 6 Kecamatan (Pulau Rakyat, Bandar Pulau, Aek Songsongan, Aek Ledong, Rahuning dan Aek Kuasan). Untuk Kecamatan lainnya akan kami lakukan secara bertahap, karena melihat keterbatasan peralatan yang ada. Hal ini dilakukan untuk mengurangi jarak tempuh yang cukup jauh bagi masyarakat yang ingin mengurus administrasi kependudukannya.

Sidak Perdana

“Bagi masyarakat yang tinggal di 6 Kecamatan tersebut dapat mengurus Administrasi Kependudukannya berupa KK dan Akte Kelahiran. Di Kantor Camat Pulau Rakyat tanpa harus langsung pergi ke Disdukcapil yang letaknya jauh dari Kecamatan tersebut”, kata H Surya.

Saat ini Disdukcapil sedang melakukan persiapkan untuk dapat melakukan pencetakan KTP-el di Kantor Camat Pulau Rakyat. Ini dilakukan untuk menambah kepuasan masyarakat dalam pelayanan Adminstrasi Kependudukan. Kami juga memiliki program Transportasi Ojek Antar Adminduk Kependudukan (TOGAP) yang mana TOGAP ini merupakan program yang memberikan pelayanan membahagiakan kepada masyarakat dengan mengantar langsung Administrasi Kependudukannya ke orang tersebut. Namun program ini masih hanya untuk Kecamatan Kota Kisaran Barat dan Kecamatan Kota Kisaran Timur.

Pemkab Asahan melalui Dinas PM PPTSP akan menciptakan iklim yang kondusif dan kemudahan investasi bagi pengembangan usaha dalam menciptakan lapangan kerja yang didalamnya terdapat penerbitan regulasi investasi, proses perizinan berbasis digital, penyediaan data dan informasi peluang investasi secara online, pemberian intensif investasi dan optimalisasi fungsi mall pelayanan publik.

Di RSUD HAMS Kisaran, Bupati mengatakan akan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dan mengintruksikan kepada seluruh tenaga medis. Serta tenaga kesehatan selalu bersifat ramah kepada pasien yang menjalani perawatan.

Dinas Sosial akan meningkatkan pelayanannya terutama pada program perlindungan dan jaminan sosial, program penanganan bencana, program rehabilitas sosial, rehabilitas sosial Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) lainnya bukan korban HIV/AIDS dan Napza di luar panti sosial dan program pemberdayaan sosial.

Bupati mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama membangun Asahan lebih baik. Bupati mengingatkan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran wabah covid-19 di Asahan. Pakai masker, jaga jarak, jauhi kerumunan, cuci tangan pakai sabun dan jaga imun tubuh.

Penulis : En

Related posts

Leave a Comment