Bank Sumut Sosialisasikan Penerapan Aplikasi CMS

Bank Sumut Sosialisasikan Penerapan Aplikasi CMS

Topmetro.news – Guna mendukung pengelolaan transaksi Pemerintah Daerah yang bersifat non tunai, PT Bank Sumut Cabang Kisaran laksanakan sosialisasi penerapan Cash Management System (CMS) kepada para OPD di Aula Melati Kantor Bupati Asahan, Selasa (9/3/2021).

Sabar Ginting selaku tim devisi dana dan jasa Bank Sumut Kantor Pusat mengatakan peluncuran aplikasi CMS bagi Pemerintah Daerah bertujuan untuk mendukung dan meningkatkan pelayanan perbankan. Khususnya dalam hal pengelolaan keuangan daerah yang mandiri dan berbasis non tunai.

“Dengan penggunaan aplikasi CMS ini akan membantu Pemkab Asahan untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah. Kami berterima kasih kepada Pemkab Asahan, karena memberikan kepercayaan kepada Bank Sumut dalam pengelolaan dan transaksi keuangan daerah,” kata Ginting.

Pj Sekda, Drs H John Hardi Nasution MSi mengatakan dalam rangka penerapan transaksi non tunai di lingkungan Pemerintah baik di Provinsi, Kabupaten dan Kota di seluruh Provinsi Sumatera Utara, sesuai SE Menteri Dalam Negeri No. 910/1886/SJ tentang implementasi transaksi non tunai Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota.

Guna perwujudan birokrasi Pemerintah Daerah yang akuntabel, efektif, efisien dan transfaran. Serta dalam upaya meningkatkan pelayanan publik terpadu berbasis elektronik. Bersama Bank Sumut kita adakan sosialisasi CMS OPD online. Sistem ini memberikan kemudahan bagi setiap OPD dalam pengolahan keuangan yang mandiri dan berbasis non tunai dengan aplikasi CMS.

Hal ini sesuai dengan high level meeting yang diadakan beberapa minggu lalu antara Pemkab Asahan dengan Bank Indonesia. Serta Bank Sumut guna mewujudkan digitalisasi di lingkungan Pemkab Asahan. Kepada bendahara OPD dan Kecamatan dengan adanya aplikasi ini nantinya para bendahara pengeluaran tidak perlu lagi bolak balik ke Bank untuk melakukan pemindah bukuan atas transaksi belanja. Karena dapat langsung dilakukan melalui perangkat digital.

Aplikasi CMS

Kadis Kominfo, Rahmat Hidayat Siregar MSi mengatakan penggunaan aplikasi CMS ini menjadi salah satu pendukung visi dan misi Bupati Asahan “menyelenggarakan tata kelola Pemerintah yang efektif, inovatif, profesional dan akuntabel”. Di dalam 10 program prioritas Bupati Asahan, program pertama adalah “digitalisasi birokrasi”.

Pemerintah telah berkomitmen untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan berbasis elektronik. Sebagai salah satu upaya reformasi birokrasi menuju kelas dunia yang membutuhkan transformasi digital menyeluruh, baik sistem hingga SDM. Presiden RI selalu menekankan agar transformasi digital dapat segera terwujud dalam proses bisnis pemerintahan. Strategi percepatan transformasi digital telah dituangkan dalam Perpres No. 95/2018  tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Manfaat dari penggunaan aplikasi ini adalah efisien waktu, biaya, administrasi dan tenaga, user friendly dan lengkap, akurasi data/laporan keuangan dan monitoring kinerja keuangan. Pengelolaan arus kas lebih mudah, cepat dan akurat, penguatan kontrol keuangan secara sistematis (tercatat dan terdokumentasi dengan baik). Sehingga memudahkan dalam melakukan kontrol dan evaluasi secara real time.

Dimana saja karena tersedia versi mobile (melalui HP), serta aman. Penggunaan aplikasi CMS ini juga merupakan salah satu langkah strategis untuk mempercepat pelaksanaan program “digitalisasi birokrasi” yang dicanangkan Bupati/Wakil Bupati Asahan.

Penulis: En

Related posts

Leave a Comment