Kepala SMAN 13 Medan: Yang Lulus SNMPTN Siswa Berprestasi

Kepala SMA N 13 Medan: Yang Lulus SNMPTN Siswa Berprestasi

topmetro.news Sebanyak 34 siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 13 Medan berhasil lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 yang diumumkan melalui website resmi SNMPTN dan telah dikonfirmasi oleh masing masing siswa yang bersangkutan.

“Anak anak kita yang lulus program seleksi SNMPTN merupakan anak anak kita yang berprestasi. Dan itu sudah mereka buktikan sendiri dengan berhasilnya mereka lulus SNMPTN tahun 2021,” kata Mukhlis, kepala SMA Negeri 13 Medan di kantornya,” Kamis (22/04).

Mukhlis berharap para siswanya yang lulus SNMPTN tahun ini bisa terus berprestasi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) masing masing. Dan tetap bisa menjaga nama baik sekolah dan keluarga.

“Semoga kelak anak anak kita yang lulus SNMPTN dapat menyelesaikan kuliahnya dengan baik dan mendapatkan hasil kelulusan yang membanggakan,” ujarnya.

Ditambahkan, hasil kelulusan yang sudah diraih ke-34 siswanya diharapkan bisa menjadi motivasi siswanya yang saat ini masih duduk di bangku kelas X yang naik ke kelas XI dan siswa kelas XI yang naik ke kelas XII.

“Harapan kami tentunya di tahun-tahun mendatang akan lebih banyak lagi siswa kita yang lulus SNMPTN,” ucapnya. 

Siswa Berprestasi

Pantauan wartawan Top Metro, SMA Negeri 13 Medan yang berada di bawah kepemimpinan Mukhlis terus berbenah. Baik performance maupun mutu, kualitas belajar mengajar di sekolah. Sehingga, SMA Negeri 13 Medan selalu melahirkan siswa yang berprestasi.

Sebelumnya, Mukhlis mengatakan guna meningkatkan kualitas dan keefektifan belajar online tahun ajaran baru 2020/2021. Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 13 Medan telah selesai melakukan kegiatan pelatihan microsoft teams bagi guru dan siswa.

Aplikasi itu bertujuan untuk meningkatkan literasi pendidik di era teknologi saat ini. Di mana pendidik dapat menerapkan pembelajaran berbasis digital yang dapat menghasilkan model alternatif pembelajaran yang fleksibel dan dapat menjangkau siswa di manapun berada.

Aplikasi Microsoft Teams

Mukhlis mengatakan, microsoft teams ini merupakan aplikasi terbaru di Kota Medan, baru SMAN 13 yang menggunakannya. Aplikasi ini sejenis dengan google classroom maupun zoom, hanya saja yang membedakannya aplikasi ini dapat menghadirkan hingga ribuan pengguna.

“Sebelum kita terapkan pemakaian aplikasi ini, kita telah melakukan webinar pelatihan daring. Pemanfaatan microsoft teams bagi seluruh guru SMAN 13 Medan dengan instruktur dipandu langsung oleh Yandri Soeyono SSi MPd, selaku master microsoft educator trainer, asal Surabaya dan Vira Afriati MPd yang merupakan guru SMAN 13 Medan. Keduanya merupakan alumni Diklat Korsel P4TK Matematika yang telah dilatih di Jepang,” terang Mukhlis yang juga Wakil Sekretaris PGRI Sumur ini.

Dikatakannya, aplikasi ini memiliki banyak keunggulan dan manfaat yang memiliki beragam fitur yang dapat mendukung aktivitas pembelajaran secara online. Ditengah kondisi sekarang ini yang masih diharuskan tidak berkerumun atas pandemi Covid-19.

Dengan microsoft teams yang memliki banyak fitur dapat mendukung pembelajaran layaknya tatap muka dan telah dikemas dalam satu tempat yang memudahkan guru dalam melakukan monitoring aktivitas siswa,” ungkapnya.

Lanjutnya, SMAN 13 Medan sangat bersyukur sebagai pengguna microsoft teams pertama di Medan bahkan di Sumut. Karena melalui pelatihan yang telah digelar guru-guru tahu bahwa alat ini dapat merancang kelas virtual yang memudahkan pendidik dan siswa untuk berkomunikasi dan berkolaborasi. Sehingga menghasilkan pembelajaran yang lebih baik.

Selain itu, pendidik dapat dengan mudah mendelegasikan tugas sekaligus memeriksa pekerjaan siswa. Dan bisa dilakukan tanya jawab secara langsung bagi siswa yang masih belum mengerti tentang materi yang disampaikan gurunya. Serta kepala sekolah dan orangtua pun dapat memantau KBM yang sedang berlangsung,” katanya.

Reporter | Marwan

Related posts

Leave a Comment