#

Polda Sumut Periksa 8.930 Pemudik yang Melintas Dengan Swab Antigen

penumpang bus
Advertisement

topmetro.news – Hari kesepuluh pelaksanaan Operasi Ketupat Toba 2021, Polda Sumut (Sumatera Utara) beserta Polres sejajaran telah memeriksa 8.930 pemudik serta memutar paksa 8.333 kendaraan yang mencoba melintas pos pengamanan dan penyekatan perbatasan Provinsi dan Kabupaten/Jota.

Kabid Humas Polda Sumatera Utara Kombes Pol Hadi Wahyudi mengatakan, pemudik yang melintas dilakukan pemeriksaan swab antigen, begitu juga kendaraan yang akan mudik diputar balik.

“Sepuluh hari operasi kita sdh memriksa Roda dua 2683, 3795 Mobil Penumpang, 669 Bus dan 294 Ransus,” sebut dia, Ninggu (17/5).

Lanjut dia, untuk total seluruh kendaraan yang diputar balik sejak dimulainya Ops Ketupat Toba yang dimulai dari tanggal 6 Mei 2021, sebanyak 8333 unit. “Kalau ditotalkan seluruhnya mencapat 8333 kendaraan yang diputar balik yang mencoba melintasi pos penyekatan,” terangnya.

Hadi juga menyampaikan bahwa pemriksaan kendaraan dan pemeriksaan swab antigen akan terus dilakukan sampai tanggal 24 mei 2021 disetiap Pos Pengamanan.

Dia menambahkan, dari seluruh pos penyekatan, petugas yang melakukan pemeriksaan mendapatkan 2 orang yang dinyatakan positif Covid-19.

“Hari kesembilan 1 orang dan kesepuluh juga satu orang. Hal itu dinyatakan setelah petugas yang berjaga melakukan rapid test antigen, sedangkan yang sebelumnya dilakukan pemeriksaan terhadap 12 orang pemudik di perbatasan Madina, yang dinyatakan reaktif hanya 1 orang, dan semua kita putar balik” ucapnya.

Untuk warga yang dinyatakan positif, sebut dia, dilakukan isolasi karantina di rumah sakit setempat.

“Di daerah Labuhanbatu,” ucap dia.

Hadi menambahkan, Polda Sumatera Utara terus mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mudik lebaran seperti yang dianjurkan pemerintah. Hal ini dilakukan untuk menekan angka penyebaran Covid-19.

Seperti diketahui, sebanyak 11.600 personil gabungan diturunkan dalam mengamankan perayaan Idul Fitri 1442 H khususnya dalam melaksanakan penyekatan larangan mudik lebaran di Provinsi Sumatera Utara. Operasi ini dilaksanakan mulai tanggal 6 hingga 17 Mei 2021.

Reporter | Corney

Advertisement

Related posts

Leave a Comment