Bupati Asahan Buka Pertemuan Penyusunan Grand Design Pembangunan Kependudukan

Bupati Asahan Buka Pertemuan Penyusunan Grand Design Pembangunan Kependudukan

topmetro.news Bupati Asahan, H Surya BSc membuka acara pertemuan penyusunan Grand Design Pembangunan Kependudukan atau GDPK Asahan di aula Hotel Antariksa-Kisaran, Kamis (17/6/2021).

Acara dihadiri olehBupati Asahan, Koordinator Bidang Pengendalian Penduduk BKKBN Provsu Syamsul Rizal Lubis MSi,  Koalisi Kependudukan Sumut Drs Hamzah AR, Kepala BPS Asahan Dra Minda Flora Ginting, Kadis P2KBP3A Drs Muhilli Lubis dan OPD.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak  (P2KBP3A) Drs Muhillli Lubis mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mencapai penduduk tumbuh seimbang, penduduk tanpa pertumbuhan serta keluarga berkualitas demi terwujudnya visi Pemkab Asahan yang sejahtera religius dan berkarakter.

Muhilli menjelaskan penyusunan GDPK dilaksanakan 4 tahapan. Yaitu tahap 1 pembentukan pokja, tahap II penyusunan road-maps, tahap III penyusunan dokumen, tahap IV seminar.

Tahap I dilaksanakan hari ini RPJMD Asahan 2021-2026 disampaikan Kepala Bappeda Asahan, pengembangan GDPK disampaikan Koordinator Bidang Pengendalian Penduduk BKKBN Provsu, teknik penyusunan GDPK disampaikan Koalisi Kependudukan Sumut.

Bupati Asahan menyampaikan grand design pembangunan kependudukan merupakan pembangunan terencana di segala bidang. Untuk menciptakan kondisi ideal antara perkembangan kependudukan dengan daya dukung dan daya tampung lingkungannya. Seperti memenuhi kebutuhan generasi tanpa harus mengurangi kemampuan dan kebutuhan generasi mendatang untuk menunjang kehidupan bangsa.

Pembangunan Ekonomi

“GDPK selain diperlukan sebagai arah kebijakan kependudukan dan master plan percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi Indonesia. Serta master plan percepatan dan perluasan pengurangan kemiskinan di Asahan,” kata Bupati.

Ada 5 pilar yang terdapat dalam GDPK yaitu pengendalian kuantitas penduduk, peningkatan kualitas penduduk. Lalu penataan persebaran dan pengarahan mobilitas penduduk, pembangunan keluarga berkualitas serta administrasi kependudukan.

Bupati meminta kepada seluruh OPD agar berperan aktif dan berkonstribusi dalam menyusun GDPK. Untuk mencapai penduduk tumbuh seimbang dan pembangunan keluarga berkualitas dalam mewujudkan visi Asahan yang sejahtera, religius dan berkarakter.

Bupati menyampaikan kepada seluruh OPD agar dalam melaksanakan kegiatan tetap mengikuti protokol kesehatan. Dan berperan aktif dalam mensosialisasikan kepada masyarakat agar mengikuti himbauan Pemerintah dalam mencegah penyebaran covid 19.

 

penulis : En

Related posts

Leave a Comment