Wapres: Narkoba dan Covid-19 Musuh Kita Bersama

Peringatan HANI, Wapres: Narkoba dan Covid-19 Musuh Kita Bersama

topmetro.news – Bupati Asahan bersama Forkopimda mengikuti peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) secara virtual di Aula Melati Kantor Bupati Asahan, pada Senin (28/6/2021).

Peringatan HANI diperingati setiap tanggal 26 Juni dengan tema perang melawan narkoba (war on drugs) di era pandemi covid 19 menuju Indonesia bersih narkoba (bersinar).

Kepala BNN RI, Komjen Petrus Reinhard Golose mengatakan sebagai bentuk sinergisitas dengan menitikberatkan prekursor narkotika program pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan, dan peredaran gelap narkoba (P4GN) tahun 2020-2024 telah melakukan beberapa langkah strategis melalui strategi soft power approach berupa aktivitas pencegahan agar masyarakat memilki ketahanan diri dan daya tangkal terhadap penyalahgunaan narkotika.

BNN telah melakukan upaya rehabilitasi bagi para pecandu dan penyalahguna narkotika. Juga memfokuskan pada aspek penegakan hukum yang tegas dan terukur dalam menangani sindikat narkotika. Serta penggunaan teknologi informasi di era digital dalam upaya penanggulangan narkotika.

“BNN telah melaksanakan program desa bersinar di 553 desa/kelurahan. Hal lainnya yaitu mengungkap 107 jaringan sindikat berskala nasional dan internasional dari 126 jaringan yang berhasil dipetakan,” jelas Petrus dihadapan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Ma’ruf Amin meminta BNN dan seluruh komponen bangsa terkait untuk terus berperan aktif. Serta juga bekerja secara nyata dan serius guna memerangi sindikat narkoba.

Apresiasi

“Saya mengapresiasi kepada BNN, TNI, Polri dan seluruh pihak yang telah berperan aktif melakukan berbagai upaya untuk memerangi sindikat narkoba. Jangan cepat berpuas diri. Jangan lengah dan tetap waspada serta terus tingkatkan pencapaian yang dilakukan untuk melawan narkoba demi tujuan bersama. Dengan tetap melakukan protokol kesehatan yang ketat. Menuju Indonesia bersih dan bebas dari narkoba,” kata Ma’ruf

Ma’ruf menyebut narkoba dan covid-19 merupakan dua musuh bersama yang dihadapi oleh seluruh negara di dunia. Termasuk Indonesia, karena berimbas pada semua lini kehidupan manusia.

Ma’ruf mencanangkan program bersinar sebagai salah satu upaya berkesinambungan P4GN dari BNN.

Program desa bersinar sejalan dengan prioritas pembangunan nasional terkait pembangunan yang juga dimulai dari desa. Masyarakat desa merupakan ujung tombak dari upaya pemulihan ekonomi nasional untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan atau sustainable development goals (SDGs).

Masyarakat desa memiliki potensi dan juga kekuatan besar dalam melawan narkoba secara bersama-sama,” kata Ma’ruf.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Asahan H Surya BSc menyerahkan sertifikat penghargaan penyelenggaraan desa bersih narkoba yakni Desa Hessa Perlompongan, Desa Sipaku Area, Desa Pondok Bungur, Desa Serdang, Desa Silo Bonto.

Penulis: En

Related posts

Leave a Comment