DPRD Medan Dukung Walikota Segel Centre Point

DPRD Medan

topmetro.news – Anggota Komisi IV DPRD Medan, Syaiful Ramadhan mendukung langkah berani yang dilakukan Walikota Medan membereskan masalah pajak pusat perbelanjaan Centre Point Medan (CPM). Sejak awal, ia sangat yakin Bobby Nasution akan menyelesaikan persoalan tersebut.

“Permasalahan Centre Point adalah masalah serius bagi kami. Khusus F-PKS, sejak awal berdirinya mega mall ini, sudah menyatakan penolakannya dengan tidak menyetujui perubahan peruntukan atas tanah tempat berdirinya Centre Point pada 2015 silam,” ungkap Syaiful Ramadhan, kepada wartawan, Sabtu (10/7/2021).

Ia mengaku, fraksi PKS menjadi satu-satunya fraksi yang menolak perubahan peruntukan lahan yang kini dibangun Centre Point. F-PKS menganggap bangunan tersebut masih bermasalah secara hukum saat itu.

“Jadi berdirinya bangunan megah itu bermasalah, dari mulai izinnya, karena alas hak tanahnya juga bermasalah. Jadi saat itu PKS menolak,” imbuhnya.

Hingga akhirnya setelah beroperasi, kawasan pusat perbelanjaan terus bermasalah, khususnya terkait Pendapatan Asli Daerah yang sampah hari ini juga tidak pernah memberi kontribusi. “Dan hari ini terbukti, Walikota Medan menyatakan Centre Point bermasalah dengan pajak dan menunggak hingga Rp56 miliar,” bebernya.

Dengan gebrakan ini, Syaiful mengaku sangat mendukung, karena persoalan terkait Centre Point telah menjadi aib bagi Kota Medan.

“Bayangkan saja, bangunan yang megah berdiri tanpa IMB dan tidak membayar pajak, beroperasi dengan leluasa. Sementara masyarakat kecil yang mendirikan bangunan tanpa izin dan menyalahi izin langsung ditindak. Ini satu hal yang sulit dibayangkan,” tandas Syaiful.

Persoalan Centre Point, sambungnya, diharapkan bisa diselesaikan sehingga penegakan aturan di Kota Medan benar-benar dilaksanakan dengan adil. “Bangunan megah ini berdiri tanpa IMB menjadi bukti ada sesuatu di tubuh Pemko Medan. Kita sangat berhadap persoalan ini tidak menjadi preseden buruk terkait Izin Mendirikan Bangunan,” tutupnya.

Reporter | Thamrin Samosir

Related posts

Leave a Comment