Di Aceh, Gajah Ditemukan Mati Tanpa Kepala, Pelaku Diburu Polisi

Gajah ditemukan mati

Topmetro.News – Gajah ditemukan mati. Ironisnya kondisi gajah jantan itu ditemukan tanpa kepala. Tak pelak lagi, tim Gabungan Polres Aceh Timur dan Polda Aceh memburu terduga pelaku pembunuhan gajah Sumatera (elephas maximus sumatramus) yang ditemukan mati tanpa kepala di area PT Bumi Flora, Kecamatan Banda Alam, Kabupaten Aceh Timur.

AKP Dwi Arys Purwoko, Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Aceh Timur mengatakan penyelidikan kematian satwa dilindungi tersebut terus dilakukan dan terduga pelaku masih diburu tim gabungan.

“Kasus ini masih dalam penyelidikan. Polisi sudah menemukan kepala gajah yang terpisah dari tubuhnya tersebut,” kata Dwi Arys Purwoko di Aceh Timur, Senin (2/8/2021).

Selain itu, katanya, penyidik sudah mengirim organ tubuh gajah guna mengecek jenis racun yang digunakan untuk membunuh gajah ke laboratorium forensik.

Sebelumnya, bangkai gajah Sumatera berkelamin jantan ditemukan mati tanpa kepala dalam area PT Bumi Flora di Desa Jambo Reuhat, Banda Alam, Aceh Timur, Minggu (11/7/2021).

Tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh bersama mitra mengautopsi bangkai gajah itu dan menemukan benda diduga racun.

“Berdasarkan hasil autopsi, kami mendapatkan perubahan organ di beberapa bagian alat pencernaan. Kami menemukan zat diduga racun,” kata Rosa Rika Wahyuni dari Tim Kesehatan Hewan BKSDA Aceh.

Namun, kata Rosa, untuk mengetahui kepastian penyebab kematian gajah jantan tersebut dibutuhkan pemeriksaan laboratorium forensik.

“Benda asing ditemukan itu beserta sejumlah sampel dari organ tubuh gajah dikirim ke pusat laboratorium forensik. Hasil uji laboratorium forensik nantinya akan mengetahui jenis racun dan unsur kandungan dari racun tersebut,” kata Rosa.

BACA PULA | Diduga Tetanus, Gajah Betina Sumatera di Taman Rimba Mati

Seperti diberitakan topmetro.news sebelumnya, Yanti, Gajah betina Sumatera di Taman Rimba Jambi mati pada Kamis (8/10/2020) sekira pukul 10.15 WIB.

“Sebelum mati, gajah tersebut sempat mendapatkan perawatan dari tim dokter hewan kebun binatang itu. Namun pada Kamis siang gajah itu mati saat berada di kandangnya,” kata Kepala BKSDA Jambi Rahmad Saleh di Jambi, Jumat (9/10/2020).

Sebelumnya, dokter hewan spesialis gajah Wisnu Wardana memgatakan pada Senin (5/10) prilaku gajah normal, tampak sehat dan tidak terlihat ada gejala sakit.

sumber\foto | merdeka/liputan6
reporter | jeremitaran

Related posts

Leave a Comment