Bocah Penderita Atresia Biller Butuh Perhatian untuk Penyembuhan

Atresia Biller

topmetro.news – Bocah 7 bulan penderita penyakit Atresia Biller, Aiyla Adisty berharap perhatian pemerintah dan dermawan untuk penyembuhannya. Ditemui di kediamannya Jalan Medan Area Selatan, Gang Mulia, Kamis (7/10/2021) Aiyla atau yang biasa disapa Adek ini hanya bisa merengek kesakitan.

Bayi malang itu hanya terbaring di kamar, dibantu oksigen untuk bernafas, memandangi tamu yang menjenguknya.

Sempat sepekan mendapat perawatan medis di RSUD dr Pirngadi Medan, namun kondisi Aiyla belum menunjukkan membaik.

Karena itu, pihak rumah sakit yang tak mampu menangani penyakit yang diderita Aiyla membawanya pulang ke rumah.

Penyakit Atresia Bilier adalah kelainan bawaan lahir atau kongenital yang ditandai dengan gangguan saluran empedu pada bayi baru lahir.

Meski jarang terjadi, namun kondisi ini tidak dapat dianggap sepele.

Bila tidak terdeteksi sejak dini dan ditangani dengan tepat, Atresia Bilier bisa berakibat fatal bagi bayi.

Aiyla anak dari pasangan Rahmat Hidayat (31) dan Olivia Sarida (27). Aiyla merupakan anak keempat dari empat bersaudara.

Olivia yang ditemui menyebutkan, awalnya keadaan Aiyla normal sejak dari kandungan hingga berusia sebulan setelah lahir.

Namun, dia mulai curiga karena sisi mata anaknya itu berwarna kuning.

Berbagai perobatan baik medis dan alternatif terus dilakukannya bersama suaminya.

Namun, hingga kini Olivia tidak mampu membawa ke RSUP H Adam Malik karena ketiadaan BPJS.

“Kami nggak bisa bawa ke Adam Malik. Seharusnya memang dia dirujuk ke sana sesuai arahan dari Pirngadi. Namun kalau untuk masuk di kelas umum, kami tidak sanggup karena biaya mencapai 1,5 miliar,” lirihnya, Kamis (7/10/2021).

Menurut Olivia, suaminya juga telah berusaha membuat BPJS, namun hingga kini tidak juga selesai dengan berbagai alasan.

“Gak tahu di mana kendalanya. Sampai saat ini BPJS juga tidak selesai. Kami sudah melaporkan ke pemerintah setempat, namun memang belum ada titik terang. Kami bingung mau mencari dana di mana. Sementara, anak-anak muda di sini, berupaya membuat postingan di masing-masing sosial media untuk mencari para dermawan yang tergerak hatinya membantu anak kami,” ungkapnya.

Dalam kesempatan ini, Olivia juga juga meminta bantuan para dermawan agar bisa meringankan beban biaya perawatan anaknya melalui BRI 335001040697538 atasnama Olivia Saridah maupun kontak 085371441941.

Penyakit itu telah membuat tubuh Aiyla terlihat membesar di bagian perut. Kondisi ini menurut orangtua bocah 7 bulan itu semakin membesar setelah diberi infus.

“Dokter juga menyarankan agar kami mengganti susu khusus untuk Aiyla, namun kami tidak mampu. Hanya susu yang terjangkau yang bisa kami berikan,” pungkasnya.

Reporter | Dedi

Related posts

Leave a Comment