Tinjau Operasional Kapal Listrik MVPP, Gubsu Optimis Listrik Sumut Teratasi

TOPMETRO.NEWS – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) HT Erry Nuradi meninjau dimulainya uji coba operasional Kapal Pembangkit Listrik Marine Vessel Power Plant (MVPP) di pusat pembangkit listrik PLN Sicanang, Belawan, Minggu (4/5) sore sekaligus buka puasa bersama seribuan masyarakat setempat. Dirinya menyampaikan bahwa pembangunan menuju Sumut Paten merupakan satu hal yang optimis.

“Secara bertahap, Sumatera Utara terus berbenah dan semakin maju. Dengan kehadiran Kapal Pembangkit Listrik MVPP dari Turki ini kita optimis masalah listrik di Sumut selama 30 tahun ini bisa teratasi,” ujar Gubernur usai meninjau pembangkit listrik berkapasitas 240 MW tersebut.

Dirinya menyebutkan, bahwa saat ini, pembangkit listrik di sejumlah lokasi seperti di Sarulla, Pangkalan Susu serta pembangkit mini juga sedang dalam tahap pembangunan sebelum beroperasi. Diharapkannya dalam waktu tiga tahun mendatang, pasokan listrik dari pembangkit yang ada nantinya, akan cukup mejamin kebutuhan listrik bagi Sumatera Utara.

“Insya Allah tidak ada lagi pemadaman (krisis listrik), dengan adanya cadangan dari Kapal MVPP 240 Megawatt yang bias diambil extention hingga 480 MW. Jadi secara teknis listrik kita cukup,” sebutnya.

Dihadapan seribuan warga, Erry juga menyampaikan optimisme menuju Sumut Sejahtera dan Paten, di mana berbagai kemajuan seperti pembangunan infrastruktur jalan serta sistem pelayanan pemerintahan yang semakin baik. Beberapa diantaranya yakni pembangunan jalan tol yang merupakan jalur cepat terpanjang mencapai lebih dari 100 Km, yang pada prosesnya membutuhkan peran serta pemerintah provinsi (Pemprov) dalam hal pembebasan lahan.

Dirinya juga berharap pada peresmian penggunaan Kapal MVPP nantinya dihadiri langsung Presiden RI Joko Widodo dalam beberapa waktu mendatang. Termasuk meresmikan penggunaan jalan tol yang pada momentum arus mudik nantinya akan bisa dilewati sebagai proses uji coba sebelum digunakan resmi dan berbayar.

Direktur PLN Regional Sumatera Amir Rosidin dalam sambutan singkatnya mengapresiasi sekaligus berterimakasih atas perhatian yang besar dari Gubernur terhadap kondisi kelistrikan di Sumut. Pihaknya berharap dengan kemajuan yang ada sekarang ini, akan mampu menyelesaikan persoalan byarpet yang selama ini menjadi masalah di masyarakat.

Sementara Anggota DPD RI Parlindungan Purba yang juga hadir pada acara tersebut, mengaku optimis dengan upaya pemerintah pusat dan provinsi dalam menyelesaikan persoalan pasokan listrik yang ada. Dirinya berharap ke depan, dengan adanya pembangunan pembangkit listrik oleh PLN dan pihak swasta, cadangan yang dimiliki menacapai 50 persen.

Hadir dalam kunjungan tersebut, Ketua TP PKK Sumut Evi Diana Erry, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Hidayati, Dinas Perikanan dan Kelautan Zonny Waldi, Dinas Perhubungan Anthony Siahaan, Dinas Koperasi dan UMKM M Zein Siregar, Dinas Pendidikan Arsyad Lusbis, Badan Pengembangan SDM Bonar Sirait, Inspektur OK Hendry, Bappeda Imran Oemar, Dinas PMPPTSP Bondaharo Siregar, Biro Umum dan Perlengkapan Faisal Hasyrimi, Biro Humas dan Protokoler Ilyas Sitorus, pihak pengelola Kapal Pembangkit MVPP dari Turki serta para alim ulama.

Kesempatan itu, Erry juga menggelar silaturahim, berbagi paket bantuan dan cenderamata kepada masyarakat. Selanjutnya Gubernur beserta rombongan salat tarawih di Masjid Komplek PLN Sicanang Belawan.(TM/11).

Related posts

Leave a Comment