Cegah PMK, Personel Polres Langkat dan Polres Atam Apel Pagi

Cegah PMK, Personel Polres Langkat dan Polres Atam Apel Pagi

topmetro.news – Seluruh personel gabungan Polres Aceh Tamiang (Atam) dan personel Polres Langkat melakukan gelar apel di Posko Pengendalian dan Penyekatan di perbatasan Atam serta Langkat yang merupakan pintu masuk-keluar hewan ternak ke Aceh-Sumatera Utara, Selasa (31/5/2022) sekira pukul 05.00 WIB. Hal itu dalam rangka konsitensi pengawasan serta penyekatan dan pemeriksaan terhadap kendaraan yang membawa ternak sapi, kerbau, babi dan ternak lainnya. Terkait pencegahan wabah PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) di Pos Perbatasan.

Menurut Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok SH SIK melalui Kasi Humas AKP Joko Sumpeno, apel pagi dipimpin oleh Perwira Pengendali Polres Aceh Tamiang Ipda Sahril dan Perwira Pengendali Polsek Besitang Polres Langkat Ipda Wasman.

Adapun jumlah personel yang terlibat dalam kegiatan apel di posko penyekatan hewan ternak tersebut yakni personel organik Polri Polres Aceh Tamiang sebanyak 13 personel, personel organik Polri Polres Langkat sebanyak  11, personel TNI sebanyak 2, Sat Pol PP Langkat 2 personel, Staf Dinas Peternakan Kabupaten Langkat 2 personel dan dari Staf Dinas Peternakan Aceh Taming 2 personel.

Selama kegiatan apel di Pos Check Point Penyekatan Hewan Ternak tersebut berjalan dengan aman dan baik

Berdasarkan laporan,  hingga kini belum ada kendaraan yang mengangkut berbagai jenis hewan ternak yang berpotensi menyebarkan PMK melintas. Dari Aceh menuju Langkat maupun sebaliknya yang di dapat membawa hewan ternak tanpa adanya dokumen kesehatan dari instansi yang berwenang. Sehingga harus putar balik.

 

reporter | Rudy Hartono

Related posts

Leave a Comment