Komnas Disabilitas Puji Keanekaragaman di UHN Siantar

Komnas Disabilitas Puji Keanekaragaman di UHN Siantar

Topmetro.news – Komisi Nasional Disabilitas (KND) Republik Indonesia menggelar sarasehan dengan sejumlah perguruan tinggi swasta di Gedung Menza UHN Siantar, Kamis sore 15 Juni 2022. KND memuji keanekaragaman di kampus Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar. Sarasehan ini bertujuan untuk mengetahui pemenuhan hak penyandang disabilitas di lingkungan kampus.

Selanjutnya Ketua Komnas Disabilitas,Dante Rigmalia dalam paparanya tentang Kampus Merdeka-KampusInklusif menjelaskan bahwakampus inklusif adalah kampus yang memastikan bahwa setiap mahasiswa dapat menghadiri, mengikuti, berpartisipasi,dan berprestasi di kampus tanpa diskriminasi.

“Ini (kampus inklusif) merupakan proses memenuhi dan merespons terhadap keanekaragaman dan kebutuhan semua mahasiswa dan akan mengakibatkan perubahan dan modifikasi dalam isi, pendekatan, struktur dan strategi belajar,” katanya.

Masyarakat atau lingkungan yang baik (normal) ditandai dengan keragaman bukan keseragaman. Nah, seluruh dunia pun lanjut Dante Rigmalia, Disabilitas salah satu hambatan paling serius dalam pendidikan.

Adanya Keanekaragaman

Sementara itu, Rektor Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Rektor IV Muktar Panjaitan mengatakan perguruan tinggi harus punya tanggungjawab melayani mahasiswa tanpa diskriminasi. “Perbedaan secara fisik tidak menjadi penghalang bagi perguruan tinggi untuk belajar bersama dan hidup berdampingan. Dilahirkan bukan pilihan. Manusia diciptakan Tuhan sama dan sederajat antara satu sama lain,” ujarnya.

Selanjutnya Dalam masyarakat inklusif, prinsip kerjasama diutamakan daripada kompetitif. Dengan begitu, sambung Muktar Panjaitan setiap orang maupun kelompok tertentu memiliki prestasi sesuai dengan kemampuan dan kondisinya masing-masing tanpa harus memunculkan sikap membanding-bandingkan satu dengan yang lain.

Selain Dante Rigmalia, rekannya sesama komisioner yakni Jonna Aman Damanik dan Rachmita Harahap juga bergantian menjelaskan keanekaragaman dalam masyarakat.

Menurut Jonna, paradigma (cara berpikir) menjadi hal penting merespons keberadaan disabilitas. Dalam kesempatan itu, Jonna juga memotivasi dan menanyai Jon Henri Saragih, mahasiswa Nommensen, salah seorang penyandang disabilitas.

“Tolong jawab dengan jujur, apakah kampus Nommensen Siantar melayanimu dengan baik sebagaimana dengan mahasiswa lainnya? Apakah kamu merasa sendiri, dan pernah dibuli” tanya Jonna.

Merespons testimoni Jon Henri, lantas Jonna memuji keanekaragaman di UHN Siantar. Tampak hadir, WR I, WR III, para Ketua Lembaga, dan para Dekan di lingkungan Universitas HKBP Nommensen Siantar. Kegiatan tersebut diakhiri dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Komisi Nasional Disabilitas dan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar.

Sumber | Relis

Related posts

Leave a Comment