2 Jemaah Haji RI Patah Tulang Terjatuh dari Eskalator Masjidil Haram

Terjatuh dari eskalator

TOPMETRO.NEWS – Terjatuh dari eskalator masjidil haram. Begitulah nasib kedua jemaah haji asal Indonesia yang menderita patah tulang usai terjatuh dari eskalator di Masjidil Haram, Minggu (19/6/2022) waktu setempat. Keduanya terjatuh saat hendak menaiki eskalator di Masjidil Haram itu.

Kedua jemaah haji itu masing-masing berasal dari SUB 2 dan JKG 9. Mereka menderita patah tulang pada tempurung lutut dan pergelangan tangan.

Salah satu tim Pertolongan Pertama Pada Jamaah Haji (P3JH), dr M Rizal Novianto mengatakan, saat insiden itu ada beberapa jemaah haji yang ikut terjatuh. Namun, beberapa jemaah haji lainnya hanya menderita luka ringan.

“Saat ada yang terjatuh di eskalator, tentu saja yang di belakang orang itu ikut terseret jatuh. Alhamdulillah yang lain hanya luka ringan”, kata dr Rizal, Senin (20/6/2022).

Kedua jemaah haji langsung dilarikan ke RS terdekat untuk mendapatkan penanganan medis.

Kini, dua jemaah haji itu sudah dipindah ke KKHI (Klinik Kesehatan Haji Indonesia) untuk dirawat intensif.

Insiden terjatuh dari eskalator bisa saja menjadi kejadian berulang yang sangat berbahaya.

Pasalnya, otoritas Masjidil Haram hanya mengizinkan jemaah haji unrah saja yang bisa mengakses lantai dasar masjid.

Sementara itu, para jemaah haji yang akan salat fardhu dan tawaf sunnah diarahkan untuk menggunakan lantai 2 masjid. Akses menuju lantai 2 bisa dicapai dengan menggunakan eskalator.

Tim P3JH mengimbau agar para jemaah haji bisa lebih berhati-hati lagi dalam menggunakan eskalator yang tersebar di penjuru Masjidil Haram.

Jemaah haji disarankan untuk tetap menjaga keseimbangan dengan menapakkan kaki, memegang handrail dengan benar dan hindari menaiki maupun menuruni eskalator secara bergerombolan untuk meminimalisir insiden terjatuh dari eskalator.

“Makanya, kami mengimbau jemaah haji untuk berhati-hati dan waspada saat menaiki eskalator,” imbau dia.

BACA PULA | Calon Jemaah Haji Sumut Dibagikan Handuk

Seperti diberitakan Topmetro.News sebelumnya, seluruh calon jemaah haji Sumatera Utara dibagikan handuk. Direktur Utama Perumda Tirtanadi Kabir Bedi membagikan (secara simbolis) handuk itu secara simbolis di Asrama Haji Medan, Kamis (9/6/2022).

Moment seremonial itu disaksikan Plh Kepala UPT Irwansyah Putra serta Kepala Seksi Transportasi Perlengkapan dan Akomodasi Haji Reguler Wan Hairunnisa.

sumber\foto | suara\mediaindonesia

reporter | jeremitaran

Related posts

Leave a Comment