Gubsu Segera Lantik Sekdaprovsu Definitif Arief Sudarto Trinugroho

Arief Sudarto Trinugroho

topmetro.news – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi segera akan melantik Ir Arief Sudarto Trinugroho MT menjadi Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprovsu) definitif.

Menjawab wartawan di halaman kediaman dinas atau Gubernuran Sumut di Medan, Rabu (13/7/22) Gubsu membenarkan bahwa Arief, yang kini Asisten Perekonomian Pembangunan dan Kesejahteraan Pemprov Sumut, tersebut telah terpilih menjadi Sekdaprov Sumut definitif.

Nama Arief menjadi salah satu nama dari tiga nama yang diajukan oleh Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi menjadi calon Sekdaprov Sumut kepada Presiden melalui Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) pada Februari lalu.

“Sudah ada namanya, Ia (benar) Arif. Setelah nanti siap akan segera kita lantik,” ujar Gubsu saat diwawancarai wartawan usai melaksanakan Salat Ashar di Masjid Rumah Dinas Gubernur Sumut.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) telah mengirim nama-nama calon Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumut berdasarkan urutan ranking tiga besar pada seleksi dilakukan oleh Panitia Seleksi (Pansel) Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Madya atau Eselon I Pemprov Sumut.

Dalam pemilihan Sekda Provinsi Sumut ini, Gubernur Edy menegaskan ingin mencari Sekda yang betul bekerja.”Saya perlu orang untuk kerja. Dia harus benar-benar harus bisa kerja,” sebut mantan Pangkostrad itu benerapa waktu lalu.

Mantan Ketua Umum PSSI itu, memastikan bahwa tiga nama calon Sekda Sumut yang dikirimkan ke Kemendagri merupakan ranking tiga besar terbaik yang ditetapkan Pansel.

“Saya ajukan tiga, berdasarkan urusan ranking,” tutur pensiunan Jendral TNI Bintang Tiga itu.

Keberadaan Sekdaprovsu definitif sebagai satu-satunya eselon 1 di jajaran pemerintahan se-Sumut sudah lama membetot publik, terutama kalangan birokrasi, karena sudah lebih 1,5 tahun lowong sejak Dr Hj Sabrina pensiun paruh akhir 2020.

Jabatan Sekdaprov Sumut hingga saat ini masih diduduki pejabat eselon II Pemprov Sumut sebagai Penjabat (Pj) Sekdaprovsu, yakni Afifi Lubis yang jabatan definitifnya Sekretaris DPRD Sumut.

Tiga nama calon Sekdaprov Sumut yang diajukan Gubsu ke Kemendagri yaitu Dr Ir Hasmirizal Lubis MSi, Asisten Administrasi Umum, Ir Arief Sudarto Trinugroho MT, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sumut dan Drs Agus Tripriyono SE MSi Ak CA, Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi, Keuangan, Pembangunan, Aset, dan SDA Sumut.

Ir Arief Sudarto Trinugroho MT merupakan pejabat karier yang meniti karier birokrasi dari bawah dan paling lama di Pemko Medan milai dari staf biasa hingga menduduki sejumlah jabatan penting. Setelah pindah ke Pemprovsu beliau pernah menjabat Kepala di Dinas Perizinan Pemprovsu.

Penulis I Erris

Related posts

Leave a Comment