Gubsu Erry Minta Aqua Farm Janji Tingatkan Kualitas Air Danau Toba

TOPMETRO.NEWS – Gubsu Ir H T Erry Nuradi MSi meminta kepada PT Aquafarm Nusantara berkomitmen untuk meningkatkan kualitas air Danau Toba. Hal tersebut disampaikan Gubsu pada saat menerima PT Aquafarm Nusantara, Rabu (21/6) di Rumah dinas Gubernur Sumaatera Utara Jl Sudirman No.41 Medan.

Karena, lanjut Gubsu pada rapat terbatas beberapa waktu yang lalu, pemerintah pusat dalam hal ini menko maritim meminta agar perusahaan-perusahaan yang ada di sekitar Danau Toba untuk ditiadakan karena selama ini banyak yang tidak memperhatikan lingkungan sekitar. Tentunya dapat merusak kualitas air yang ada di Danau Toba yang seperti diketahui kondisi Danau Toba pada saat ini cukup memprihatinkan. “Pemerintah pusat meminta zero perusahaan di sekitar danau Toba Toba. Namun pemprovsu berjanji akan mengurangi dan berusaha membenahinya,” sebut Gubsu Erry.

Perusahaan membantu masyarakat dalam hal ini seperti membangun rumah ibadah lainnya juga cukup membantu masyarakat sekitar, namun yang tidak kalah pentingnya adalah masalah lingkungan. “Bagaimana perusahaan-perusahaan di sekitar Danau Toba tetap menjaga dan mencari cara agar limbah dari perusahaan tidak merusak kualitas air yang ada di Danau Toba,” kata Gubsu.

Hal senada juga disampaikan Kadis Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Utara Dr Hidayati. Selama ini perusahaan-perusahaan yang ada di sekitar Danau Toba sering tidak memperhatikan lingkungan sekitar danau toba. Limbah-limbah dari perusahaan tidak diperhatikan sehingga dapat merusak ekosistem yang ada di Danau Toba.

Hal ini menurut Hidayati karena perusahaan-perusahaan yang ada disekitar Danau Toba kurang berkomunikasi dengan pemerintah setempat dan instansi terkait dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup yang menangani dan mengetahui bagaimana Danau Toba. Dikatakannya kondisi Danau Toba saat ini sangat memprihatikan termasuk kualitas airnya. Yang kebanyakan dicemari oleh limbah domestik.

Oleh karenanya Hidayati mengajak kepada perusahaan-perusahaan yang ada di Sekitar Danau Toba untuk bersama-sama menjaga lingkungan Danau Toba. “Mari kita bersama-sama menjaga danau toba, terutama kualitas airnya,” kata Hidayati yang disebut Gubsu Erry doktor lingkungan hidup.

Pada kesempatan tersebut Direksi PT Aquafarm Nusantara I Wayan Mudana mengatakan bahwa kedatangannya pihaknya bertemu Gubsu selain untuk bersilaturahmi juga ingin meminta arahan kepada pemerintah Provinsi Sumatera Utara, dalam hal ini Gubsu Erry bagaimana kedepannya PT Aquafarm Nusantara dalam melakukan programnya dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat sekitar dan juga Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

Diakuinya, selama ini PT Aquafarm berkat dukungan dari pemerintah sekitar Danau Toba dan pemprovsu, menjalankan program kegiatan perusahaan dapat berjalan dengan baik dan lancar. “Berkat dukungan dari Pemprovsu dan pemda setempat program PT Aquafarm dapat berjalan dengan baik dan lancar,” ujarnya.

Dia juga mengatakan bahwa PT Aquafarm berkomitmen untuk terus mendukung program pemerintah pusat di Provinsi Sumatera Utara khususnya untuk menjadikan Kawasan Danau Toba menjadi kawasan destinasi wisata unggulan dan pihaknya juga akan terus berusaha agar keberadaan PT Aquafarm Nusantara di kawasan sekitar danau Toba dan Sumatera Utara dapat memberikan kontribusi yang besar dan meningkat dari tahun ke tahun.

”Kami sangat berterima kasih dengan masukkan yang diberikan. PT Aquafarm komit akan terus bekerjasama dengan pemprovsu agar program kegiatan PT Aquafarm dapat berjalan dengan baik dan juga terus bekerjasama dengan pemprovsu untuk menjaga kelestarian Danau Toba,” harap Wayan yang hadir bersama segenap pengurus di PT Aquafarm Nusantara diantaranya Rudi Hertanto, Afrizal, Saruhum Rambe dan A Syarifuddin berutu.(TM/11).

Related posts

Leave a Comment