Elektabilitas Prabowo Subianto 30,8%, Ganjar ‘Lewat’ Apalagi Anies

Elektabilitas Prabowo Subianto

TOPMETRO.NEWS – Elektabilitas Prabowo Subianto kian melejit. Survei tentang elektabilitas terbaru dirilis oleh Political Weather Station (PWS) menjadi menarik di tengah banyak partai politik menentukan jagoan di Pilpres 2024.

Elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto dilaporkan berada pada posisi tertinggi, disusul Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

“Elektabilitas Prabowo Subianto 30,8 persen, alias leading sangat signifikan atas dua gubernur yang sering disebut-sebut sebagai penantang terberat Ketua Umum Partai Gerindra tersebut, yakni Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Anies Baswedan,” kata peneliti PWS Sharazani dalam siaran daring, Jumat (7/10/2022).

Sharazani menjelaskan, survei PWS yang digelar Januari 2022 elektabilitas Prabowo baru sebesar 22,9 persen, kini telah meningkat 30,8 persen.

Sementara itu untuk Ganjar Pranowo pada Januari 2022 elektabilitasnya 19,8 persen, Oktober ini senilai 18,8 persen.

“Sedangkan Anies di survei Januari 2022 memperoleh elektabilitas 19,9 malah saat ini tinggal 17,5 persen saja,” ucap Sharazani.

Kini, tokoh yang secara resmi sudah mendeklarasikan sebagai Capres 2024 adalah Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Sharazani mengungkapkan, berdasarkan analisis sentimen yang dilakukan PWS, pasca mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai satu-satunya capres yang diusung Partai NasDem, sentimen negatif terhadap partai besutan Surya Paloh itu mengalami kenaikan.

“Sebelum deklarasi, sentimen negatif terhadap Partai NasDem sebesar 11,7 persen, setelah deklarasi meningkat menjadi 16,1 persen,” ungkap Sharazani.

Meski sentimen positif terhadap Anies meningkat, namun sentimen negatif terhadap Gubernur DK Jakarta itu juga terus meningkat pasca dideklarasikan sebagai capres Partai NasDem.

“Sentimen negatif terhadap Anies terutama didominasi isu korupsi hajatan Formula-E, pemanggilan Anies oleh KPK dan masalah penanganan banjir di Jakarta,” pungkasnya.

Respondens Secara Acak

Survei ini PWS digelar secara online (telesurvey) juga dilengkapi media monitoring untuk mendeteksi opini para warganet yang bertebaran di berbagai platform media sosial.

Survei PWS ini mewawancarai 1.200 respondens di 34 provinsi yang diperoleh secara acak sistematis (systematic random sampling). Ambang kesalahan (margin of error) sebesar +/- 2,83 persen dan pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95%.

Pengumpulan data sejak 1 hingga 6 Oktober 2022 dengan menggunakan teknik wawancara secara online (by phone).

BACA PULA | PKB Incar Anies Baswedan, tapi Bukan untuk Capres!

Seperti diberitakan TOPMETRO.NEWS sebelumnya, bukan untuk Capres Pilpres 2024, Anies Baswedan diincar Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Tapi masuknya nama Anies Baswedan sebagai incaran PKB, bukan capres melainkan cawapres (calon wakil presiden).

Pasalnya, PKB telah bulat akan mengusung ketua umumnya Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sebagai capres 2024.

asl!

Related posts

Leave a Comment