Bupati Asahan Tandatangani Pakta Integritas Netralitas ASN di Pemilu 2024

Bupati Asahan Tandatangani Pakta Integritas Netralitas ASN di Pemilu 2024

topmetro.news – Bupati Asahan H Surya BSc menandatangani pakta integritas netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Pemilu dan Pemilihan serentak 2024 di Aula Tengku Rizal Nurdin Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara, pada Senin (5/12/2022).

Penandatanganan pakta integritas ini dipimpin langsung Gubsu Edy Rahmayadi dan diikuti seluruh Kepala Daerah se Sumut disaksikan Ketua Bawaslu Provsu, Ketua KPU Provsu, pimpinan Partai Politik, Kapoldasu, Forkopimda Sumut, Ketua Bawaslu Asahan, Ketua KPU Asahan dan undangan lainnya.

Ketua Bawaslu Provsu, Syafrida R Rasahan mengatakan penandatanganan ini merupakan bentuk komitmen Kepala Daerah untuk sama sama melaksanakan Pemilu dan Pemilihan serentak dalam menjaga integritas dan netralitas ASN. Kehadiran ASN adalah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dan memberikan kenyamanan kepada semua pihak dengan melakukan ketidakberpihakan pada siapapun.

“Dengan adanya pakta integritas ini, diharapkan adanya komitmen bersama untuk menjaga integritas ASN. Agar tidak dilibatkan dalam kegiatan politik, yang nantinya akan merugikan ASN itu sendiri,” kata Syafrida.

Gubsu dalam pidatonya mengingatkan kepada ASN untuk tidak terlibat politik praktis. ASN harus netral sesuai UU No 5 tahun 2014 tentang ASN. Tugas utama ASN adalah sebagai pelayan masyarakat. Jadi sebagai ASN kita harus melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya, bukan kita yang harus di layani masyarakat.

Lebih lanjut, Gubsu menyampaikan tiga tugas pokok ASN. Yakni melayani masyarakat, menjalankan kebijakan umum dan menjalankan UU. Mulai dari UUD, Perda, Pergub, Perbup dan Perwalkot.

Usai mengikuti kegiatan, Bupati Asahan mengatakan Pemkab Asahan mendukung pakta integritas sebagai salah satu upaya untuk memastikan pelaksanaan Pemilu dan Pemilihan berjalan sesuai aturan. Saya akan terus mengingatkan ASN di lingkungan Pemkab Asahan untuk menjaga netralitas.

Bupati berharap kepada masyarakat agar berperan aktif dalam pelaksanaan pesta demokrasi nantinya. Laporkan kepada pihak terkait, jika ada ASN yang tidak netral.

“Mari kita sukseskan Pemilu dan Pemilihan dengan jujur dan adil. Sehingga kita dapat merayakan pesta demokrasi dengan aman dan kondusif,” ujarnya.

Penulis : EN

Related posts

Leave a Comment