Cara Mencegah Rabun Jauh Pada Mata

Cara Mencegah Rabun Jauh Pada Mata

topmetro.news – Mata Rabun Jauh atau Nearsightedness adalah suatu kondisi dimana penglihatan pada jarak dekat lebih jelas daripada jarak jauh. Hal ini disebabkan karena kornea atau lensa mata yang berbentuk cembung atau berlensa mata lebih gemuk dan terlalu panjang. Kondisi ini membuat bayangan yang terfokus di belakang retina, membuat penglihatan pada jarak jauh kabur.

Kebanyakan orang yang menderita mata rabun jauh adalah anak-anak dan remaja, meskipun kondisi ini juga dapat terjadi pada orang dewasa.

Jika tidak diobati rabun jauh dapat menyebabkan masalah penglihatan yang signifikan, termasuk kebutaan. Dengan demikian, ada beberapa cara untuk mencegah mata rabun jauh dan menjaga penglihatan tetap optimal.

Ada beberapa tips untuk mencegah terjadinya rabun jauh yaitu sebagai berikut :

1. Kacamata

Kacamata dirancang untuk mengurangi tekanan pada mata dan membantu menyesuaikan lensa mata ke bentuk yang tepat dengan menggunakan kacamata kamu dapat melihat jarak jauh dan juga mencegah mata rabun jauh.

2. Mengistirahatkan Mata

Selain menggunakan kacamata kamu juga dapat mencegahnya dengan membatasi waktu kamu di depan layar. Mata yang sering didepan layar membuat mata kekurangan istirahat sehingga menyebabkan mata kaku. Oleh karena itu, selalu berusaha untuk mengurangi waktu yang Anda habiskan di depan layar.

3. Pola Tidur

Kamu juga dapat mencegah mata rabun jauh dengan menjaga pola tidur yang sehat. Pola tidur yang sehat dapat membantu mata kamu beristirahat dan menyesuaikan lensa mata oleh karena itu selalu luangkan untuk mendapatkan 8 jam tidur yang sehat setiap malam.

4. Gizi

Untuk mendapatkan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh atau mata kamu dapat mengkonsumsi makanan seperti sayuran, buah-buahan, ikan, kacang-kacangan, dan biji-bijian yang kaya akan vitamin dan mineral penting dapat membantu mata kamu tetap sehat dan mencegah mata menjadi rabun.

Dengan mengikuti beberapa saran di atas, kamu bisa mencegah rabun jauh dan memastikannya tetap sehat jangan lupa untuk selalu beristirahat cukup dan mengkonsumsi makanan bergizi untuk membantu menjaga penglihatan kamu tetap optimal.

Penulis | Uca

Related posts

Leave a Comment