DPRD Medan Tidak Temukan Produk Kedaluwarsa

DPRD Medan Tidak Temukan Produk Kedaluwarsa

topmetro.news – Jelang Ramadhan 2023, Komisi III DPRD Kota Medan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke Berastagi Swalayan Jalan Gatot Subroto dan Smarco Jalan Gagak Hitam Medan, Senin (13/3/2023).

Sidak dipimpin Ketua Komisi III Afif Abdillah, Sekretaris Komisi Hendri Duin, M Khalil Prasetyo dan Edward Hutabarat.

Mereka tidak menemukan produk yang kedaluwarsa. Bahkan di Berastagi Swalayan tersedia minyak gorek merk Kita dengan harga Rp14.000 perliter.

“Kalau di Berastagi Swalayan stok minyak Kita banyak, bahkan kapan saja butuh Minyak Kita bisa masuk. Ini berbeda dengan RDP kita kemarin dengam Bulog yang menyatakan stok minyak goreng Kita tidak banyak,” ungkap Afif.

Hal ini berbeda di Smarco Swalayan yang tidak ada menjual Minyak Goreng Kita karena tidak dapat stok yang masuk.

Sedangkan untuk harga beras, masih standar sekitar Rp12 ribu sampai Rp15 ribu per-kg.

“Namun memang beras Bulog belum ada dijual dikedua swalayan tersebut,” paparnya.

Ia juga mengimbau ke seluruh swalayan di Kota Medan untuk membuat batasan produk yang non halal dan halal. Agar masyarakat mengetahui jaminan produk yang mau dibelinya.

“Selain yang halal dan non halal, produk-produk import yang belum ada sertifikasi halalnya juga harus dikasih keterangan. Karena banyak pengaduan masyarakat ke komisi, masih banyak produk makanan khuusnya impor tidak dilengkapi sertifikasi halalnya,” tambahnya.

Ia juga menyoroti menurunnya penjualan akibat ekonomi masyarakat yang belum pulih.

“Daya beli masyarakat memang turun. Biasanya satu minggu sebelum Ramadhan sudah ramai yang belanja, tapi saat ini belum ada nampak lonjakan pembeli,” ucapnya.

Untuk itu, ia meminta Pemko Medam melalui dinas terkait untuk membuat strategi mengatasi inflasi dan resesi ekonomi.

“Daya beli ditingkatkan dengan stimulasi-stimulasi. Kemudian pasokan bahan-bahan pokok harus dijamin tersedia agar tidak terjadi gejolak ditengah masyarakat,” tutupnya.

 

reporter : Thamrin Samosir

Related posts

Leave a Comment