Musim Panas, Polsek Pangkalan Susu Imbau Cegah Karhutla

Musim Panas, Polsek Pangkalan Susu Imbau Cegah Karhutla

topmetro.news Guna mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Bhabinkamtibmas Polsek Pangkalan Susu Polres Langkat gencar memberikan imbauan kepada masyarakat.

Bhabinkamtibmas Polsek Pangkalan Susu Brigadir Rico Surya Ardana melaksanakan sosialisasi stop membakar hutan dan lahan dengan cara membentangkan spanduk imbauan untuk mensosialisasikan langsung kepada warga, petani dan petugas keamanan Perkebunan PT. Perapendi di Perkebunan PT. Perapen Desa Perkebunan Perapen Kecamatan Pematang Jaya, Selasa (21/03/2023).

“Mari kita bersama menjaga kelestarian hutan dan lahan dengan tidak membakarnya. Karena dampak dari karhutla menyebabkan timbulnya asap yang dapat mengganggu kesehatan serta aktivitas masyarakat lainnya. Dan sudah ada sanksi bagi pelaku yang sengaja membakar hutan dan lahan,” katanya.

Terpisah Kapolres Langkat AKBP Faisal Rahmat HS SIK SH MH melalui Kasi Humas Polres Langkat AKP Joko Sumpeno mengatakan bahwa telah memerintahkan seluruh Bhabinkamtibmas agar memberikan sosialisasi dan himbauan tentang larangan membuka lahan dengan cara dibakar.

“Harapannya dengan disampaikannya imbauan ini dapat menyadarkan masyarakat bahwa karhutla memberikan dampak yang akan merugikan kita semua. Dan meminta kepada masyarakat untuk berusaha bersama-sama mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Khususnya di wilayah Kabupaten Langkat,” ucap AKP Joko.

Joko Sumpeno juga menyampaikan sebab dan akibat yang akan timbul karena kebakaran hutan dan lahan bagi manusia dan lingkungan. Serta sanksi hukum yang berlaku bagi mereka yang masih membakar hutan dan lahan dengan sengaja.

“Dampak kebakaran hutan dan lahan dalam jangka panjang yang turut menyumbang dalam menaikkan emisi CO2 hingga menjadi penyebab terjadinya pemanasan global dan perubahan iklim dan sanksi Pidana Pembakaran Lahan di jerat UU PPLH Nomor 32 Tahun 2009 Pasal 108,” ujarnya.

reporter | Rudy Hartono

Related posts

Leave a Comment