Gegara Pasang Plank, IPK-PP Kota Binjai Bentrok

Gegara Pasang Plank, IPK-PP Kota Binjai Bentrok

topmetro.news – Gegara mendirikan sebuah plank milik salah satu OKP di dekat kediaman Ketua MPC PP Kota Binjai J.Payo Sitepu di Jalan Gunung Sinabung Kecamatan Binjai Selatan, tiba-tiba diserang sekelompok orang berseragam OKP loreng orange dengan menggunakan senjata tajam dan peralatan lainnya, Kamis (22/6/2023).

Berdasarkan data yang berhasil awak media rangkum, keributan itu berawal dari pemasangan plank IPK untuk Ranting Binjai Estate di sebuah Pekan di Jalan Samanhudi Lingkungan XI Binjai Estate Kecamatan Binjai Selatan, tepat di Simpang menuju kediaman J. Payo Sitepu.

Melihat hal itu, beberapa anggota J.Payo Sitepu (PP) pun mendatangi massa dari IPK tersebut guna menanyakan maksud dari pemasangan plank tersebut.

Namun karena diduga tidak menemukan titik terang, kedua kubu tersebut akhirnya terlibat bentrok. Bahkan, berdasarkan informasi, ada seorang yang terluka karena terkena panah pada bagian perutnya.

“Satu orang ada yang terkena panah di bagian perutnya. Kalau tidak salah namanya Iwan. Tapi belum tau dari pihak mana dia,” ungkap warga sekitar yang minta namanya tidak disebutkan.

Bentrok tersebut pun berujung dengan penyerangan rumah Ketua MPC PP Kota Binjai J. Payo Sitepu. Aksi penyerangan itu akhirnya dapat reda setelah pihak Kepolisian Polres Binjai dan Kodim 0203/LKT turun langsung ke lokasi guna melerai kedua kelompok massa berseragam OKP tersebut.

Camat Binjai Selatan Muhammad Fauzi, saat di konfirmasi awak media di lokasi membenarkan adanya gesekan antar kedua OKP tersebut. Ia juga menegaskan, dengan masih terpasangnya plank itu situasi sempat tidak kondusif.

“Kita sebelumnya sudah menggelar rapat di Kantor Camat untuk mengendalikan massa,” ujar Camat Binjai Selatan.

Pun begitu, ia mengaku bersyukur karena Forkopimda, seperti Kapolres Binjai dan Dandim 0203/LKT, turun langsung ke lokasi, sehingga suasana berangsur mulai aman dan kondusif.

Pantauan awak media, Dandim 0203/LKT Letkol M.Eko Prasetyo bersama Kapolres Binjai AKBP Hendrick Situmorang, juga telah mendatangi kedua OKP yang berseteru tersebut.

Mereka juga meminta agar kedua kubu yang berseteru tersebut membuat posko masing masing.

“Tujuannya untuk menghindari hal hal yang tidak di inginkan sehingga menimbulkan ketidak kondusifan. Saya yakin masyarakat Binjai merasa senang jika Kota Binjai tetap aman, damai dan kondusif,” tegas Dandim 0203/LKT itu.

Sementara itu, Kapolres Binjai AKBP Hendrick Situmorang juga meminta kedua kubu yang berseteru untuk berhenti dan tidak berlanjut. Ia juga menegaskan, dalam waktu dekat Walikota Binjai juga akan memanggil kedua OKP tersebut.

“Saya minta kedua belah pihak jangan terpancing. Sedangkan terkait plank tersebut, nanti dari Pemko Binjai melalui Satpol PP yang akan mencabutnya,” ungkap Kapolres Binjai, saat berada di kediaman J.Payo Sitepu.

Ikuti Aturan

Sementara itu, Ketua MPC PP Kota Binjai J. Payo Sitepu di hadapan Dandim 0203/LKT dan Kapolres Binjai mengatakan bahwa pihaknya selalu mengikuti aturan dari Forkopimda Binjai.

Ia juga mengaku kalau sebelumnya sudah bertemu Ketua OKP Kecamatan Binjai Selatan. Namun pertemuan tersebut tidak menghasilkan titik temu atau kesepakatan.

“Hari ini kami diserang, bukan kami menyerang. Intinya kami minta cabut plank itu karena sudah ada surat pernyataan dari warga sekitar agar plank yang dimaksud itu dicabut walaupun berdiri diatas lahan pribadi. Kalau mereka mendirikan planknya, kami pun akan mendirikan plank juga,” ungkap Ketua MPC PP Kota Binjai.

Sementara itu Kapolsek Binjai Selatan Kompol Eva Sinuhaji tampak masih terus melakukan pengamanan agar kedua belah pihak tidak bentrok kembali.

“Ada barang bukti berupa sajam yang kita amankan. Saat ini kami masih mengumpulkan datanya” kata Eva Sinuhaji.

Kini, di sekitar lokasi terpasangnya plank tersebut berangsur mulai kondusif. Bahkan kedua kubu yang berseteru mulai meninggalkan lokasi. Begitu pun, aparat kepolisian dari Polres Binjai serta Kodim 0203/LKT masih terus berjaga jaga agar tidak terjadi bentrok susulan.

reporter | Rudy Hartono

Related posts

Leave a Comment