Plt Bupati Langkat: Dana Desa di Langkat Diperuntukkan untuk Pemulihan Ekonomi Nasional

Plt Bupati Langkat: Dana Desa di Langkat Diperuntukkan untuk Pemulihan Ekonomi Nasional

topmetro.news – Untuk tahun 2023 Pemerintah Pusat menyalurkan Dana Desa kepada Pemerintahan Kabupaten Langkat sebesar Rp236.620.647.000 diperuntukan bagi 240 desa yang ada di Kabupaten Langkat.

Hal ini Plt Bupati Langkat H.Syah Afandin SH sampaikan, diwakilkan oleh Asisten Adm Ekbangsos H.Sukhyar Mulyamin SSos MSi saat menjadi Pembina Apel Gabungan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Langkat di Halaman Kantor Bupati Langkat, Senin (25/9/2023).

“Oleh karenanya pada tahun 2023 ini prioritas pembangunan Dana Desa diperuntukkan bagi pemulihan ekonomi nasional, program prioritas nasional dan mitigasi dan penanganan bencana alam dan non alam,” jelasnya.

Sementara itu untuk penghasilan tetap (SILTAP ) Perangkat Desa, Pemkab Langkat telah menganggarkan sebesar Rp126.992.191.500 yang akan dibayarkan menjadi 2 tahap. Yakni, tahap l sebesar 60%, dan tahap ke-ll sebesar 40%.

Sukhyar Mulyamin juga menyampaikan, untuk dapat diketahui bersama bahwa pada tahun ini Pemkab Langkat telah mengikuti Lomba Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

“Dimana Bumdes Wahana Mandiri Sejahtera Desa Perkebunan Bukit Lawang Kecamatan Bahorok meraih juara harapan 3 kategori Daya Tarik Pengunjung yang hadiahnya diberikan langsung oleh Menparekrap di Jakarta,” terangnya.

Kemudian untuk tahun ini Pemkab Langkat juga mengikuti kegiatan Lomba BUMDes terbaik tingkat Provinsi Sumatera Utara yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat desa serta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Utara.

“Di mana BUMDes Bertuah Maju Jaya Desa Secanggang Kecamatan Secanggang meraih juara harapan II yang hadiahnya langsung diberikan oleh Gubernur Sumatera Utara di Medan.

reporter | Rudy Hartono

Related posts

Leave a Comment