Antisipasi Banjir Meluas, Polsek Tanjung Pura Bantu Warga Buat Tanggul

topmetro.news – Guna mengantisipasi banjir terus meluas dan merendam ke pemukiman rumah-rumah warga yang rentan banjir akibat tingginya curah hujan akhir-akhir ini, Kapolres Langkat AKBP Faisal Rahmat HS SIK SH MH di wakili Kapolsek Tanjung Pura AKP Surahman SH bersama anggota personil turun langsung membantu warga membuat tanggul dari karung berisi pasir.

Mereka meletakkan karung-karung itu di benteng sungai di Dusun Teratai Desa Teluk Bakung dan Dusun 1 Melati Desa Paya Perupuk Kecamatan Tanjung Pura sehubungan meluapnya air aliran Sungai Batang Serangan Stabat, Kamis (30/11/2023).

Pasalnya 2 desa tersebut dibatasi dengan aliran Sungai Batang Serangan yang saat ini meluap akibat curah hujan yang tinggi. Bahkan air sungai terus masuk ke pemukiman warga yang lebih rendah dari bibir benteng sungai tersebut.

Warga secara swadaya menyiapkan pasir dan memasukkannya ke dalam karung. Serta di tumpuk di sepanjang benteng sungai Batang Serangan.

Kapolsek Tanjung Pura AKP Surahman SH mengatakan, pembuatan tanggul sementara ini menurutnya sangat efisien. Guna mencegah potensi air sungai masuk ke pemukiman warga. Sebab kondisi area pemukiman warga yang lebih rendah daripada sepanjang DAS Sungai Batang Serangan Tanjung Pura.

“Dengan cara membuat tanggul dari karung goni berisi pasir ini harapannya bisa membantu menahan air sungai agar tidak masuk ke pemukiman warga. Juga memperlambat meluasnya banjir,” ujar Kapolsek di dampingi Camat Tanjung Pura M. Nawawi SSTP.

reporter | Rudy Hartono

Related posts

Leave a Comment