Polres Langkat Apel Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Lilin Toba 2023

topmetro.news – Polres Langkat melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Lilin Toba Tahun 2023 dalam rangka mengecek persiapan dan kesiapan personil yang akan melaksanakan Pengamanan Perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di wilayah hukum Polres Langkat di Lapangan Jananuraga Polres Langkat, Kamis (21/12/2023).

Bertindak sebagai Pimpinan Apel Waka Polres Langkat Kompol Dr.Hendri ND Barus SH SIK MM dan sebagai Komandan Apel KBO Sat Lants Ipda Andreas Suwito SH serta Perwira Upacara Kasat Lantas AKP Maruli Tua Simanjorang SH.

Apel Gelar Pasukan OPS Lilin 2023 dihadiri Plt. Bupati Langkat diwakili oleh Kadis Perhubungan Arie Ramadhany SIP MSP, Dandim 0203/LKT diwakili Danramil 07 Stabat Kapten Inf Edi Susanto, Kepala BNNK Langkat  AKBP S Bangko SH MBA, Ketua DPRD Langkat diwakili Ahmad Senang, Dan Subdenpom P. Berandan Kapten CPM Erlianto, Kakan Kemenag H. Ainul Aswad MA, Kajari Langkat diwakili Kasi Intel Sabri Fitriansyah Marbun SH, para PJU Polres Langkat, para Kapolsek jajaran Polres Langkat, Plt. Kalak BPBD Langkat HM Ansyari MKes, pimpinan Kepala Jasa Raharja Stabat, Hendrik Hidayat dan Kadis Perindag diwakili Syamsul Adha SSTP MIkom.

Selain itu tampak juga Kasat Pol PP diwakili Saiful Bahri SE SH SSos MM MPSi, Kadis Kesehatan diwakil Dahlia Rosa serta Ketua PWI Langkat Darwis Sinulingga.

Sementara untuk Personil Peserta Gelar Pasukan Operasi Lilin Toba -2023 yakni personil Kodim 0203/LKT, Yonif 8 Marinir Harimau Putih, Sat Pol Airud Polres Langkat Langkat, Sat Lantas, Sat Samapta, Sat Reskrim/Intel, Dishub, Sat Pol PP, BNPB dan Dinas Kesehatan.

Dalam kesempatan itu, Waka Polres Langkat Kompol Dr.Hendri ND Barus SH SIK membacakan amanat Gelar Pasukan dari Kapolri.

Dalam amanatnya, Kapolri menegaskan jika Apel Gelar Pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personil maupun Sarpas yang akan digunakan selama pelaksanaan operasi. Sehingga diharapkan seluruh kegiatan pengamanan Perayaan Natal 2023 dan Tahun baru 2024 dapat berjalan dengan optimal.

“Pengamanan Nataru merupakan tugas rutin yang harus kita pastikan berjalan dengan aman, nyaman dan lancar, sebagai penekanan Bapak Presiden Joko Widodo bahwa Natal dan Tahun Baru ini rutinitas. Tetapi apapun harus tetap direncanakan, harus dipersiapkan, utamanya yang berkaitan dengan transportasi, pasokan dan distribusi bahan pokok,” papar Kapolri.

Apalagi, perayaan Nataru Tahun ini juga bertepatan dengan masa Kampanye Pemilu 2024. Sehingga memiliki potensi kerawanan yang lebih tinggi.

“Pada Nataru tahun ini, Polri dan Stek holder terkait telah memetakan permasalahan kamseltibcar lantas dan kamtibmas yang harus diwaspadai. Khususnya, pada lokasi dan jalur menuju objek dan wisata, jangan sampai terjadi kemacetan. Sediakan kantong parkir yang memadai, pengaturan jalur keluar masuk dan pengaturan lokasi pedagang agar masyarakat dapat berwisata dengan nyaman,” urainya.

Selanjutnya, tambah Kapolri, pada sisi Kamtibmas, untuk menjamin pelaksanaan ibadah Natal berlangsung dengan aman dan hikmat, pastikan setiap lokasi ibadah sudah di sterilisasi dengan melibatkan ormas-ormas keagamaan dalam kegiatan pengamanan sebagai wujud toleransi beragama.

“Serta pastikan kehadiran Negara pada setiap kegiatan ibadah masyarakat. Ancaman terorisme juga menjadi tantangan yang serius. Untuk itu kedepankan deteksi dini dan preventiv strike untuk mencegah pelaku teror melancarkan aksinya, serta lakukan penjagaan ketat pada pusat keramaian maupun tempat ibadah. Agar kita dapat memastikan tidak ada letupan sekecil apapun dalam pelaksanaan ibadah Natal ataupun malam pergantian Tahun,” harapnya.

Kapolri juga meminta, guna mengantisipasi kejahatan konvensional, Tim Satgas melakukan patroli rutin pada objek vital, pusat ekonomi dan wisata, daerah rawan kejahatan serta pemukiman.

“Sosialisasikan kepada masyarakat yang akan berpergian pada waktu lama agar melapor kepada petugas setempat dan sediakan pelayanan penitipan kendaraan pada kantor-kantor Kepolisian,” tagas Kapolri sembari mengungatkan agar mrlakukan monitoring ketersediaan pasokan dan fluktuasi harga bahan pokok.

Dihimbau pelaku usaha agar tidak melakukan penimbunan stok. Apabila diperlukan, lakukan gakkum secara prosedural dan jangan sampai menggangu distribusi dan ketersediaan pangan di lapanga. Begitu juga dengan BBM, lakukan monitoring ketersediaan stok BBM dan berikan dukungan kepada Pertamina agar dapat melayani masyarakat dengan baik,” tandasnya.

Di akhir amanatnya, Kapolri mengucapkan Selamat Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. “Semoga cahaya dan cinta kasih Tuhan senantiasa menyelimuti ruang hati kita semua, sehingga melahirkan semangat secara harapan baru, demi mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045,” tutupnya.

Selanjutnya, Pimpinan Upacara melakukan pemeriksaan kendaraan pendukung yang akan digunakan untuk pelaksanaan Ops Lilin 2023.

reporter | Rudy Hartono

Related posts

Leave a Comment