Bupati Toba Hadiri Konsolidasi APDESI Kabupaten Toba

Bupati Toba, Ir. Poltak Sitorus hadiri pelaksanaan kegiatan konsolidasi organisasi Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) tingkat Kabupaten Toba, Rabu, (17/1/2024).

topmetro.news – Bupati Toba, Ir. Poltak Sitorus hadiri pelaksanaan kegiatan konsolidasi organisasi Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) tingkat Kabupaten Toba.

Kegiatan konsolidasi APDESI Kabupaten Toba, dilaksanakan di Gedung Serbaguna Kantor Kecamatan Laguboti, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatera Utara, Rabu, (17/1/2024).

Di awal arahan dan bimbingan, Bupati Poltak menyampaikan, agar seluruh pihak baik anggota maupun pengurus APDESI Kabupaten Toba dapat menjaga dan memelihara soliditas dalam menjalankan roda organisasi terlebih dalam mewujudkan program pembangunan desa.

“Keberadaan organisasi APDESI ini, sangat lah penting, sebab pelaksanaan program kerjanya, berhubungan langsung dengan tujuan pembangunan desa. Dan program- program para Kepala Desa dalam APDESI penting kita dukung. Untuk itu perlu ditekankan satu kesatuan gerak dari anggota dan pengurus. Kedepannya, banyak yang akan kita kerjakan secara bersama,” ucapnya.

Poltak juga menambahkan, akan pentingnya organisasi APDESI sebagai  wadah diskusi, terkhusus dalam merencanakan program-program yang dapat, dan akan dilaksanakan.

“Apalagi bagi para kepala desa yang baru menjabat, dan baru dilantik, haruslah menyesuaikan visi dan misi program desa, selaras dengan Musrenbang (musyawarah rencana pembangunan). Dan prioritas Kabupaten Toba sekarang adalah bidang pariwisata,” terang Poltak.

Tak luput Poltak juga mengungkap akan pelaksanaan even F1H2O yang akan kembali digelar di Kabupaten Toba, agar para kepala desa bersama masyarakatnya dapat mempersiapkan diri untuk mengambil keuntungan dari pelaksanaan even tersebut, sembari turut menyosialisasikan.

“Event F1H2O, akan digelar pada tanggal 23 sampai 25 Februari 2024 mendatang. Ambil manfaatnya, terkhusus untuk masyarakat kita, libatkan mereka. Antara lainnya, untuk menjual produk-produk unggulan khas Toba, khususnya dari desa masing-masing. Kemudian nanti, ada lagi even PON cabang olahraga ski air, pada Juni 2024, serta event Aquabike World Championship November 2024,” ungkapnya, sembari mengajak para kepala desa tersebut.

“Banyak yang harus dibicarakan melalui wadah ini. Ayo APDESI harus bersatu, berjuang bersama. Semoga sukses APDESI Kabupaten Toba,” pungkasnya.

Selanjutnya, Faber Tambunan selaku Wakil Ketua APDESI Provinsi Sumatera Utara, sekaligus koordinator daerah juga berkesempatan memaparkan visi dan misi APDESI dihadapan para anggota dan pengurus APDESI Kabupaten Toba.

Sementara Plt. Ketua APDESI Kabupaten Toba, Andi J. Siahaan, juga turut andil memaparkan seputar profil serta AD/ART organisasi APDESI.

Konsolidasi APDESI Kabupaten Toba, turut dihadiri beberapa Camat, antara lainnya, Camat Laguboti, Aprilla Nessy Tampubolon, Camat Sigumpar,  Moses Simanjuntak, Plt. Camat Sigumpar, Binner Panjaitan, dan perwakilan Dinas PMD PPA Kabupaten Toba, serta undangan resmi lainnya oleh pihak pengurus APDESI Kabupaten Toba.

Untuk diketahui, bahwa hasil konsolidasi ini, merupakan bagian dari tahap preparing (persiapan) pelaksanaan musyarawah tingkat kabupaten, untuk memilih kepengurusan APDESI Kabupaten Toba, untuk periode yang baru. Dan direncanakan akan berlangsung, pada 23 Januari 2024 mendatang.

Penulis | Guntur

Related posts

Leave a Comment