Kecamatan Laguboti Sampaikan 95 Usulan pada Musrenbang RKPD Tahun 2025

topmetro.news– Kebutuhan masyarakat untuk pembangunan Kabupaten Toba masih didominasi perbaikan infrastruktur.

Hal ini terlihat dari banyaknya usulan desa dan kelurahan pada Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang).

Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) tahun 2025 Kecamatan Laguboti yang digelar di Gedung Serbaguna Kantor Camat Laguboti, Kabupaten Toba, Selasa (30/1/24).

Laporan yang dibacakan oleh Sekretaris Kecamatan Laguboti Riston Hutapea

terdapat 95 usulan yang disampaikan oleh desa dan kelurahan selama pelaksanaan Musrenbang tingkat desa/kelurahan pada 12-19 Januari 2024.

Dari 95 usulan itu, terdiri dari 55 usulan ditujukan ke Dinas PUTR. 34 usulan ditujukan ke Dinas Pertanian, 3 usulan ke Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, 2 usulan ke Dinas Perkim dan 1 usulan ke Dinas Koperindag.

Pada Musrenbang tersebut, Bupati Toba, Poltak Sitorus menyampaikan bahwa semua usulan tersebut harus mendukung pertumbuhan pariwisata untuk meningkatkan produksi pertanian dan menunjang kemajuan pendidikan.

“Program prioritas kita yang tiga itu, yakni pariwisata, pertanian dan pendidikan. Jadi berharap agar diselaraskan dengan program itu,” harap Poltak Sitorus.

Beliau mengakui, bahwa sesungguhnya pembangunan yang sudah dilakukan Pemkab Toba ke daerah Kecamatan Laguboti sesungguhnya belum sepenuhnya mampu menuntaskan persoalan.

mulai dari infrastruktur, pertanian, pendidikan dan program lainnya. “Jadi kita harus terus perbaiki. Pature Torus, Torus Pature (perbaiki terus menerus, red),” katanya, yang disambut tepuk tangan dan teriakan setuju dari para peserta Musrenbang.

Musrenbang juga dihadiri oleh anggota DPRD Kabupaten Toba, Diama Aruan, Aprilla Nessy Tampubolon, Kabapelitbangda Sofian Sitorus, para pimpinan dan perwakilan OPD, serta unsur Muspika Laguboti.

Penulis : Guntur.

Related posts

Leave a Comment