Bawaslu Toba Gelar Rakor Pengawasan Kampanye Pemilu 2024

topmetro. news – Untuk meningkatkan kapasitas dan penguatan dijajaran Bawaslu Toba, terkait pemahaman pengawasan tahapan masa kampanye pemilu 2024, maka pihak Bawaslu Toba menggelar rapat koordinasi (Rakor) bagi ratusan pengawas pemilu se- Kabupaten,Toba.

Rakor diikuti oleh 48 pengawas pemilu kecamatan (Panwascam) dan 244 PKD (pengawas kelurahan dan desa) se- Kabupaten Toba yang di gelar, di Hotel Labersa Convention Center, Kamis, pagi (1/2/2024).

Ketua Bawaslu Toba, Sahat Sibarani dalam sambutan dan arahan menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya Rakor di tingkat jajaran Bawaslu Toba untuk memberikan penguatan kapasitas pengawas pemilu, terkhusus pengawasan di masa kampanye pemilu 2024.

“Tahapan kampanye memang sudah di mulai pada 28 November 2023 lalu, dan kita sudah melakukan pengawasan dan tak kalah pentingnya, saat ini juga sudah masuk masa kampanye Rapat Umum oleh seluruh peserta pemilu dan sudah di mulai 21 Januari 2024 lalu, Maka hal ini juga menjadi perhatian kita bersama, fokus pengawasan kita semua,” terang Sahat.

Lebih lanjut, Sahat juga berpesan agar seluruh peserta Rakor dapat mengikuti dengan seksama, dan mengharapkan adanya interaksi dari peserta.

Dalam pelaksanaan Rakor diisi dengan berbagai penyampaian materi oleh para Narasumber baik oleh pihak pimpinan Bawaslu Toba Sahat Sibarani, Daniel Sharon Pasaribu dan Japarlin Napitupulu, maupun oleh pihak pemerhati pemilu, Guntur Hutajulu dan Thomson Manurung.

Pada penyampaian materi oleh masing-masing Narasumber merujuk pada UU No 7 tahun 2023 tentang pemilu, PKPU No 3 tahun 2022, tentang tahapan dan jadwal penyelenggaraan pemilu tahun 2024, Perbawaslu No. 11 tahun 2023, tentang pengawasan kampanye pemilu 2024, dan PKPU No. 15 tahun 2023, tentang kampanye pemilu 2024.

Kegiatan Rakor pengawasan masa kampanye terlihat berjalan baik dan lancar, serta mendapatkan respon yang baik dari berbagai peserta.

Selain itu, dalam momen tersebut Ketua Bawaslu Toba juga menyempatkan waktu dengan agenda warna sari terkait konsolidasi dan penguatan tata organisasi di jajaran Bawaslu Toba.

Turut hadir, Kasek Bawaslu Toba, Frans Hutapea, Kasubbag Administrasi, Maya Angela Manurung dan seluruh staf Bawaslu Toba.

Penulis: Guntur.

Related posts

Leave a Comment