3 Platform yang Wajib Kalian Kunjungi Saat Menganggur

Pengangguran adalah permasalahan yang selalu terjadi di setiap negara. Namun tinggi rendahnya angka pengangguran di suatu negara dipengaruhi banyak faktor, salah satunya adalah kebijakan yang baik dan banyaknya lapangan kerja yang tersedia. Negara dengan status miskin atau berkembang biasanya memiliki tingkat pengangguran yang cukup tinggi.

Di Indonesia jumlah angkatan kerja sebesar 149,38 juta dan yang terserap pada pasar kerja hanya 142,18 juta orang (Badan Pusat Statistika, 2024). Data tersebut memproyeksikan bahwa ada lebih dari 7 juta orang yang belum mendapatkan pekerjaan alias pengangguran. Angka tersebut sama dengan hampir tiga kalinya jumlah penduduk Kota Medan.

Terjadinya kesenjangan antara jumlah angkatan kerja dengan lapangan pekerjaan menjadi alasan kuat mengapa fenomena ini dapat terjadi. Selain itu ketidaktahuan atau terlambat tahu mengenai lowongan pekerjaan yang dibuka, membuat sebagian orang lama untuk memecahkan status menganggur mereka.

Minimnya akses informasi terhadap lowongan pekerjaan menjadi salah satu alasan yang membuat sulit untuk mendapatkan pekerjaan. Mencari informasi pekerjaan dengan metode door to door tidak lagi eksis. Bisa-bisa kalian malahan diusir oleh satpam di instansi terkait.

Era digital memberi peluang baru bagi pencari kerja untuk berselancar mencari kerja di internet. Tanpa harus menghabiskan ongkos dan bersusah-susah kesana kemari tanpa ada hasil yang jelas. Dengan internet semua terasa lebih mudah saat ini, hanya modal ketelatenan dan tentunya kuota internet, kalian bisa mencari kerja di perusahaan apapun yang diinginkan.

Ini dia 3 platform yang bisa kalian gunakan untuk mencari pekerjaan dan harapannya bisa membantu kalian:

  1. Jobstreet

Jobstreet merupakan salah satu platform yang bisa dikunjungi untuk mencari pekerjaan. Sebagai salah satu unit operasi dari group perusahaan SEEK yang memang fokus di bidang bisnis lapangan kerja online, pendidikan, komersial, dan sukarelawan.

Di Asia, SEEK mengoperasikan Jobstreet dan Jobsdb di Indonesia, Hong Kong, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand. SEEK mendapatkan lebih dari 500 juta kunjungan setiap tahunnya.

Dengan tujuan yang jelas untuk membantu masyarakat menjalani kehidupan kerja dan organisasi yang lebih memuaskan dan produktif guna mencapai kesuksesan, SEEK bercita-cita membantu 500 juta orang mengembangkan karir mereka bersama 5 juta perusahaan pada tahun 2025 di Asia.

Jika tertarik mencobanya kalian bisa mampir ke www.jobstreet.co.id, atau mengikuti sosial media resmi dari jobstreet, seperti instagram, facebook, atau yang lainnya. Khusus Indonesia kalian bisa memfollow” jobstreetindonesia”

  1. Loker. Id

Kalian juga bisa mencari lowongan pekerjaan (loker) melalui platform yang satu ini.  Loker.id telah hadir sejak 20 Maret 2007 yang pada awalnya memiliki nama loker.web.id kemudian pada  25 Mei 2016 mengubah namanya menjadi loker.id.

Loker.id menyebutkan bahwa mereka adalah pioneer loker  yang layanannya berbasis software (Software as a service) dan fokus di bidang rekrutmen untuk mempermudah cari pekerjaan dan perekrutan karyawan.  Hingga saat ini ada lebih dari 27.00000 pencari kerja dan 145.000 perusahaan yang mengunjungi dan menggunakan jasa dari platform ini.

Ayo segera kunjungi www.loker.id atau instagram resminya yaitu “lokerdotid”

  1. LinkedIn

LinkedIn sedikit berbeda dari platform yang disebutkan sebelumnya. Lengkapnya fitur yang tersedia pada linkedIn seperti, membuat banyak yang beranggapan bahwa platform ini selayaknya media sosial lainnya. Namun perbedaannya terletak pada fungsi utamanya yang mencoba membantu seseorang untuk menemukan pekerjaan atau tempat magang.

LinkedIn didirikan oleh Reid Hoffman yan resmi diluncurkan pada Mei 2003. Selama 20 tahun lebih, linkedIn telah memiliki jaringan profesional terbesar di dunia dengan lebih dari 850 juta anggota di lebih dari 200 negara dan wilayah di seluruh dunia

 

Mengutip dari laman resmi linkedIn disebutkan bahwa LinkedIn adalah platform bagi siapa saja yang ingin memajukan karier. Ini dapat mencakup orang-orang dari berbagai latar belakang profesional, seperti pemilik usaha kecil, pelajar, dan pencari kerja. Anggota LinkedIn dapat memanfaatkan kekuatan LinkedIn untuk memasuki jaringan profesional, perusahaan, dan grup di industri dan di luar industri mereka.

Untuk mendapatkan gambaran utuh mengenai platform  yang satu ini, kalian bisa membukanya melalu internet linkedin.com atau mendownload aplikasinya di smartphone kalian.

penulis | Agung Bukit

Related posts

Leave a Comment