Pasutri Tewas Mendadak Saat ‘Manortor’ di Upacara Kematian

Pasutri Tewas Mendadak Saat 'Manortor' di Upacara Pesta Kematian

TOPMETRO.NEWS – Saat sedang manortor (menari) di upacara pesta kematian seorang saudaranya di Kecamatan Siborong-borong, Kabupaten Tapanuli Utara pasangan suami-istri (pasutri), Justin Purba Simamora (55) dan Edista Sihotang (53), warga Jalan Cemara, Kelurahan Kahean, Kecamatan Siantar Utara, secara mendadak menghembuskan nafas (wafat) dalam waktu hampir bersamaan.

Peristiwa itu terjadi Rabu (15/11), membuat seluruh anggota keluarga besar yang sedang menggelar upacara adat tersebut histeris dan bingung mengapa hal itu bisa terjadi.

Kabar duka itu dibenarkan beberapa warga (tetangga pasutri) yang berdomisili di Jalan Cemara, Kelurahan Kahean, Kota Pematangsiantar.

Kata mereka, sebagaimana dilaporkan restorasidaily, awalnya Edista mendapat kabar kalau seorang saudaranya di Siborongborong telah meninggal dunia. Sesuai adat, pasutri ini berangkat ke Siborong-borong untuk mengikuti prosesi pemakaman.

Sebelum dimakamkan, sesuai adat, acara menotor dilakoni, tidak ketinggalan Ulos pun sudah dibahu. Entah disebabkan apa, Edista pingsan ditengah kerumunan. Naas buatnya, wanita berprofesi sebagai pedagang di Pasar Parluasan, ini menghembuskan nafas dalam perjalanan ke Puskesmas terdekat.

Kabar meninggalnya Edista langsung disampaikan kepada suaminya, Justin Purba Simamora, yang juga berada di seputaran Siborong-borong. Tanpa disadari pemberi kabar, penyakit jantung Justin kumat. Seketika detak jantung PNS di Dinas Kecamatan Siantar Utara ini berhenti. Ia pun akhirnya meninggal dunia juga.

Berita duka tersebut diberitahukan kepada beberapa warg yang menjadi tetangga pasutri itu di kampung halaman mereka. Pihak keluarga di Kota Pematangsiantar diminta bersiap- siap di rumah duka. Jasad pasutri yang telah menikah selama 22 tahun ini, saat ini terbujur kaku di rumah duka.

Kabar duka juga sudah disampaikan kepada ketiga anak mereka, 2 putra dan 1 putri. Ketiganya saat ini sedang menimba ilmu di salah satu Universitas di Kota Jakarta. (tmn)

 

Related posts

Leave a Comment