Hari Ini, Putri Jokowi Kahiyang Ayu Diberi Marga Siregar

Hari Ini, Putri Jokowi Kahiyang Ayu Diberi Marga Siregar

TOPMETRO.NEWS – Hari ini, Kahiyang Ayu akan dinobatkan resmi menjadi orang Batak. Peresmian itu akan digelar di rumah tulang (paman Bobby), Doli Sinomba Siregar Jalan STM, Medan, Selasa (21/11/2017).

“Persiapan telah 100 persen. Tinggal pelaksanaan aja,”kata Doli seperti diberitakan poskota.

Dijelaskan Doli, pemberian marga ini harus dilakukan karena isteri Bobby bukan asal Tapanuli Selatan. Dalam acara pemberian marga ini, pihaknya akan memberikan upah-upah kepada mempelai, memberikan telur ayam dan memotong kerbau.

“Ini merupakan adat dari Tapanuli Selatan,” ucapnya.

Sementara Erwan Nasution, bapa uda (adik almarhum ayah) Bobby, mengatakan setelah pemberian marga Siregar kepada Kahiyang Ayu akan dilanjutkan dengan pesta adat pada 24 November – 25 November 2017.

“Kita sama-sama mengetahui, Kahiyang putri Jawa. Bobby putra Mandailing. Jadi nanti kami pihak marga Nasution ingin meminta kepada keluarga Siregar agar memberikan Kahiyang marga Siregar seperti marga ibunda Bobby,”ungkapnya.

Erwan menjelaskan, ada banyak rangkaiannya prosesi, di antaranya pemotongan kerbau, membunyikan gordang, lalu manortor, sidang adat, manortor tahap dua, membawa pengantin ke tapian raya, mangupa.(tmn)

Related posts

Leave a Comment