Pemko Diminta Lebih Serius Perbaiki Drainase di Medan Denai

dreainase di medan denai

TOPMETRO.NEWS – Pembetonan jalan yang dilakukan Dinas Pekerjaan Umum ( PU) Medan dikeluhkan oleh masyarakat yang bermukim di kawasan Kecamatan Medan Denai. Sebab, pembetonan tersebut malah menimbulkan masalah baru yakni tidak berfungsinya sistem drainase.

Kondisi ini diperparah saat hujan yang membuat kawasan Jalan Denai menjadi banjir. M Daud, salah seorang warga Jalan Denai, Gang Buntu mengatakan proyek penggalian drainase di jalan Kota Medan dalam beberapa hari terakhir ini semakin meresahkan ma­­sya­rakat.

Hal ini disebabkan tum­pu­kan tanah hasil galian membuat ke­ma­cetan di berbagai ruas jalan dan ter­ganggunya aktivitas ekonomi, akibat dibongkarnya jalan ma­suk ke rumah-rumah toko yang men­jadi pusat penjualan kebutuhan ma­sya­ra­kat.

“Padahal penggalian drai­nase dilakukan setiap tahun di kota Me­dan alasannya pengen­da­lian banjir. Tetapi setiap musim hujan, ban­jir pun tetap datang. Ada dugaan bahwa penggali­an drainase ini tidak dilakukan tuntas,” katanya saat Reses III Tahun 2017 Anggota DPRD Medan Deni Maulana Lubis di Jalan Denai Gang Buntu akhir pekan lalu.

Menyikapi itu, Deni Maulana Lubis menilai pengorekan drainase tertutup yang berada di sepanjang Jalan Denai dilakukan tanpa peren­ca­naan yang baik. Karena tetap menjadi langganan banjir.

“Adalah pekerjaan sia-sia bila proyek peng­galian drainase tidak dilakukan se­cara terencana, karena banjir akibat lim­pahan hujan tidak dapat teratasi, “ungkap Deni Maulana.

Namun demikian, kita sebagai warga kota Medan juga harus turut berperan dalam memelihara saluran drainase atau parit jalan minimal yang ada di depan rumah kita.

“Jangan kita hanya menyalahkan perencana pembangunan, tetapi kita sendiri tidak mau berperan aktif membantu lancarnya sistem drainase yang ada di depan rumah kita. Bila sudah disediakan tempat penam­pungan sampah disekitar pemukiman kita. mari kita buang sampah di tempat yang sudah disediakan, ” pungkasnya.(TM/04)

Pembetonan jalan Memperburuk Drainase di Medan Denai

pengecoran di jalan medan denai

Related posts

Leave a Comment