Ribuan Sapi Impor Asal Australia Banjiri Belawan

sapi impor asal Australia

topmetro.news – Sedikitnya 2001 ekor sapi impor asal Australia masuk ke pelabuhan Belawan diangkut menggunakan kapal Nine Eagle, pada hari Jumat (26/1/2018) siang. Kapal angkut hewan ternak tersebut sandar di dermaga Pelabuhan Belawan Lama. Kapal yang diageni pelayaran Gesury Lloyd itu langsung membongkar sapi-sapi itu secara truck loosing.

Dari pantauan pada hari Minggu (28/1/2018) sudah lebih separuh sapi tersebut diturunkan, dan kemudian dibawa ke kota Kisaran, Kabupaten Asahan di lokasi peternakan sapi.

“Kapal Nine Eagle sudah sandar dari Jum’at kemarin. Sapi asal Australia itu juga sudah separoh diturunkan untuk dibawa ke tempat peternakan di kota Kisaran yang memakan waktu sekitar 4 jam perjalanan dari Pelabuhan Belawan,” ujar Andika, pegawai PT Gesury Lloyd yang bertugas mengawasi bongkaran sapi tersebut.

Menurut Andika, bongkaran sapi (lembu) itu, direncanakan sore akan selesai.

“Bongkaran sapi sebanyak 2000-an biasanya selesai dalam waktu tiga hari,” ucapnya.

Andika juga menambahkan, sapi-sapi yang tersisa dan masih berada di kapal itu belum diturunkan, karena menunggu truck.

“Maklum perjalanannya dari tempat peternakan kesini (pelabuhan Belawan) 4 jam,” ungkapnya.

Karantina Hewan Belawan

Sementara itu, salah seorang petugas dari kantor Karantina Hewan Belawan menyatakan, bahwa sapi asal Australia itu untuk memenuhi kebutuhan daging masyarakat di wilayah Sumatera Utara.

“Sapi-sapi itu diterima oleh PT Eldira, selaku importir. Dari hasil pemeriksaan semua memenuhi persyaratan,” ungkapnya. (TM/14)

Related posts

Leave a Comment