Pencanangan IBI KB Kesehatan Kota Medan, Diharapkan Mencapai Target

TOPMETRO.NEWS – Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan Drg.Hj.Usma Polita mewakili Walikota membuka Pencanangan IBI-KB-Kesehatan terpadu Kota Medan Tahun 2017, di Kantor Camat Medan Deli, Rabu (15/3). Program ini diharapkan berkontribusi besar terhadap pencapaian target program Keluarga Berencana (KB) dan pembinaan terhadap peserta aktif.

Pembukaan pencanangan IBI-KB-Kesehatan terpadu Kota Medan tahun 2017 ini turut dihadiri Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sumut Drs.Tenazaro Zega,MKS, Plt Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kota Medan Ir.Asrah Harahap,MM, dan Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kota Medan Sempa Malem.

Dalam sambutan Walikota Medan dibacakan Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan Drg.Hj.Usma Polita mengatakan pencanangan program IBI-KB-Kesehatan terpadu Kota Medan ini sangat penting terutama dibidang kependudukan dan keluarga berencana.

Walikota Medan berpendapat upaya pengendalian pertumbuhan penduduk melalui program ini telah memberikan pengaruh positif sekaligus memberikan kontribusi bagi masyarakat terutama bagi keluarga pra-sejahtera dan pembinaan terhadap peserta KB aktif, dalam memberikan pelayanan melalui komunikasi informatif edukatif di bidang keluarga berencana, sehingga mampu mengurangi resiko kelahiran dan kematian bagi bayi dan ibu melahirkan.

“Program pencanangan ini secara nyata mampu memberikan pengaruh positif dalam menekan laju pertumbuhan penduduk, untuk itu Pemerintah Kota bersama mitra kerja terkait seperti IBI diharapkan mampu secara terus menerus dan terpadu berperan aktif dalam mengelola program ini sebagai upaya mendorong pengendalian pertumbuhan penduduk, dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.”harap Polita.

Hal senada juga disampaikan Plt Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kota Medan Ir.Asrah Feriany M.Harahap,MM,dimana Pemerintah Kota Medan telah dan terus melaksanakan prgoram Keluarga Berencana (KB) bertujuan untuk menahan laju pertumbuhan penduduk.

Program KB ini merupakan upaya untuk merencanakan dan mengatur jarak kehamilan dengan menggunakan alat kontrasepsi. Melalui program ini, Asrah berharap muncul kepedulian masyarakat dalam menciptakan keluarga kecil bahagia dan sejahtera.

Program KB tidak hanya bertujuan untuk pengendalian laju pertumbuhan penduduk semata, tetapi juga pengendalian pengangguran, kelahiran dan hidup sehat bahagia sejahtera dengan terpenuhinya pendidikan,sandang,dan pangan memadai.

Melihat realita inilah, maka Dinas pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana kota Medan bekerjasama dengan  Ikatan Bidan Indonesia atau (IBI) Cabang kota Medan mencanangkan program KB kesehatan pada tahun 2017.

Dikatakan Asrah, Program ini bukan merupakan program baru melainkan telah menjadi program rutin dilaksanakan setiap tahunnya, bahkan cakupan program ini tidak hanya dikota Medan saja, tetapi berskala nasional dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia,selama 4 bulan waktunya.

“kepada seluruh warga kota Medan mari kita ber-KB guna mewujudkan keluarga kecil bahagia dan sejahtera,”ajak Asrah.

Sementara itu, Ketua IBI Kota Medan Sempa Malem Barus M.Keb dalam laporannya mengatakan pelaksanaan pencanangan bakti sosial IBI-KB- Kesehatan terpadu Kota Medan tahun 2017 telah dimulai Januari 2017 sampai Mei 2017 di 21 Kecamatan dikota Medan.

Dalam pencanangan ini telah dilakukan berbagai kegiatan seperti pelayanan KB gratis bagi masyarakat Kota Medan terutama yang berasal dari keluarga pra sejahtera. Kemudian, dilakukan penyerahan alat kesehatan VTP KIT dan IUD KIT kepada 4 Puskesmas.

Sedangkan target Akseptor KB yang ingin dicapai selama 5 (lima) bulan terhitung dari bulan Januari S/D Mei 2017 diantaranya IUD sebanyak 1170, Implant 2235, suntik 13.575, Pil 9361 dan terakhir kondom 2666.(TMN/Zal)

Related posts

Leave a Comment