Terkait Surat Edaran, Ratusan Massa Ormas Islam Geruduk Kantor Bawaslu Sumut

Ratusan massa

topmetro.news – Ratusan massa yang tergabung dalam Aliansi Ummat Islam Sumatera Utara (AUISU), melalukan aksi unjuk rasa di Kantor Bawaslu Sumut Jalan Adam Malik Medan, pada Senin (21/5/2018) siang.

Aksi unjuk rasa ini, terkait dengan surat penyampaian kesepakatan bersama Bawaslu Sumut No B-1601/K.Bawaslu-Prov.Su/PM.00.01/05/2018, yang dianggap mendiskreditkan umat islam. Adapun isi surat itu terkait dengan ketentuan-ketentuan tidak ada jaminan pelaksanaan kampanye bebas dari pelanggaran selama Bulan Suci Ramadhan.

Koordinator Aksi Ahmad Kamal Lubis mengatakan, Bawaslu Sumut tidak mempunyai kewenangan atau kapasitas mengeluarkan ‎surat tersebut. Hal tersebut dikarenakan bukan lingkup dan kewenangannya untuk melarang umat islam dalam melakukan sedekah maupun zakat.

“Surat ini menghalangi-halangi orang beribadah di bulan suci Ramadhan, dan kita minta Bawaslu mencabut surat ini,” ucapnya saat berorasi di depan Kantor Bawaslu Sumut.‎

Dikawal Ratusan Polisi

Aksi unjuk rasa ini dikawal oleh ratusan personil Polrestabes Medan dan Polsek Medan Barat. Akibatadanya aksi ini, ruas jalan diseputaran lokasi terlihat macet hingga beberapa jam, dan perwakikan pengunjuk rasa diterima oleh salah seorang Komisioner Bawaslu.(TM/08)

Related posts

Leave a Comment