Bursa Inovasi Desa Cluster IV Tahun 2019 Dipusatkan di Dolok Masihul

Bursa Inovasi Desa Cluster

topmetro.news – Kegiatan Bursa Inovasi Desa Cluster IV Tahun 2019 Kabupaten Serdang Bedagai Kecamatan Dolok Masihul, Bintang Bayu, Serbajadi, Kotarih dan Kecamatan Silinda dipusatkan di Dolok Masihul.

Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Serba Guna PT KHI-Kebun Hevea Kecamatan Dolok Masihul ini dihadiri Wakil Bupati Sergai H Darma Wijaya.

Wabup Sergai mengatakan Bursa Inovasi Desa (BID) merupakan sebuah forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang. Kegiatan BID diselenggarakan di tingkat kecamatan atau Cluster beberapa kecamatan sebagai wahana pertukaran pengetahuan dan inovasi desa.

Dengan demikian BID merupakan bagian tak terpisahakan dari model Pengelolaan Pengetahuan dan Inovasi Desa (PPID) mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan dan desa.

Dikatakannya, BID juga merupakan media belajar bagi masyarakat dan pemerintahan desa untuk memperoleh informasi atau referensi yang dapat mendukung pembangunan desa.

Bursa Inovasi Desa Cluster IV Tahun 2019 Cara Berbagai Ide-ide Kreatif

“Ini juga merupakan ajang pertukaran jual-beli cara-cara atau solusi yang telah dinilai inovatif. Terutama terkait kegiatan pembangunan desa, pembaharuan BID bukan juga kegiatan pameran barang. Termasuk berbagi ide-ide kreatif dalam pembangunan desa,” ujarnya.

ditambahkanya, kegiatan ini juga dilaksanakan untuk membantu desa dalam meningkatan kualitas pembangunan melalui pertukaran pengetahuan. Juga kegiatan yang inovatif untuk memberi inspirasi dan alternatif pilihan kegiatan bagi pembangunan desa.

Lebih jauh disampaikan nya,pengembangan desa menjadi salah satu indikator RPJMD Kabupaten Sergai 2016-2021. Oleh karenanya keberadaan Program Inovasi Desa (PID) hendaknya dapat dimanfaatkan dalam pengembangan ekonomi lokal dan kewirausahaan, pengembangan SDM serta insfrastruktur desa.

Sementara Panitia Pelaksanan Kegiatan, Agus Sunarwan menyampaikan bahwa kegiatan ini dihadiri sebanyak 300 orang yang terdiri para Kepala Desa, Ketua BPD. Hadir juga tokoh perwakilan masyarakat maupun kaum perempuan Tim Inovasi Desa Kabupaten. Penyelenggara Bursa Inovasi Desa Cluster IV di lima kecamatan.

Sedangkan tujuan Bursa Inovasi Desa Cluster IV Tahun 2019 yang dilaksanakan hari ini diantaranya sebagai pengutamaan kegiatan inovasi. Bertujuan untuk mendorong efektivitas penggunaan atau investasi dana desa menuju peningkatan produktivitas desa secara sistematis.

“Selain itu juga meningkatkan kapasitas dan kualitas pelayanan. Untuk pengelolaan program oleh pelaku pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa,” ucapnya.

Reporter | Dina Mariana

Related posts

Leave a Comment