Jam 2 Siang Ini, Presiden Jokowi Dilantik, Sejumlah Tokoh Hadir

presiden jokowi dilantik

Topmetro.News – Presiden Jokowi dilantik bersama wakilnya Ma’ruf Amin hari ini, Minggu (20/10/2019) sekitar pukul 14.00 WIB yang diresmikan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI. Pelantikan presiden Jokowi dan wakilnya itu digelar dalam Sidang Paripurna Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2019-2024 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Presiden Jokowi Dilantik, Dipimpin Ketua MPR

Kepala Biro Humas MPR Siti Fauziah, seperti dikutip dari pojoksatu menjelaskan, Sidang Paripurna MPR akan dipimpin Ketua MPR Bambang Soesatyo didampingi para wakil ketua Ahmad Basarah (F-PDI Perjuangan), Ahmad Muzani (F-Partai Gerindra), Jazilul Fawaid (F-PKB), Lestari Moerdijat (F-Partai Nasdem), Syarif Hasan (F-Partai Demokrat), Hidayat Nur Wahid (F-PKS), Zulkifli Hasan (F-PAN), Arsul Sani (F-PPP), dan Fadel Muhammad (Kelompok DPD).

presiden jokowi dilantik
foto | pojoksatu

Dihadiri Sejumlah Tokoh Nasional

Menurut Fauziah, prosesi pelantikan akan dihadiri Presiden Kelima Megawati Soekarnoputri, Presiden Keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), serta kandidat calon presiden Prabowo Subianto dan calon wakil presiden Sandiaga Uno dan sejumlah tokoh nasional lainnya.

baca juga | UNTUNG ADA TNI, BERSAMA MASYARAKAT, NKRI UTUH TERJAGA

Selain itu, turut hadir sejumlah tamu kehormatan negara sahabat. Sidang paripurna ini diikuti seluruh anggota MPR yang terdiri atas anggota DPR dan DPD.

Lebih lanjut, Siti Fauziah merinci rangkaian susunan acara Sidang Paripurna MPR dalam rangka pelantikan Presiden dan Wakil Presiden masa jabatan 2019-2024.

Diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan mengheningkan cipta dipimpin oleh Ketua MPR.

“Setelah itu pembukaan Sidang Paripurna oleh Ketua MPR,” ujar Siti Fauziah seperti disiarkan media yang berafiliasi dengan JPNN itu.

Berikutnya pembacaan keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) oleh Pimpinan MPR.

Setelah pembacaan keputusan KPU, dimulailah prosesi Pengucapan Sumpah Presiden dan Pengucapan Sumpah Wakil Presiden.

baca berita terkait | AMANKAN PELANTIKAN PRESIDEN, PANGLIMA TNI TINJAU SIMULASI PENGAMANAN, FOKUSKAN OBYEK VITAL
Sebagaimana diwartakan Topmetro.News sebelumnya, untuk mengamankan pelantikan Presiden, sebanyak 30.000 personel gabungan TNI-Polri akan diturunkan. Personil ini untuk mengamankan Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI, Minggu (20/10/2019) hari ini. Guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, prajurit TNI melaksanakan simulasi pengamanan itu.

Sehari sebelumnya di tempat yang sama, Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P. telah memimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan Dalam Rangka Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI Tahun 2019.

“Pasukan yang ditugaskan dalam rangka mengamankan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI sebanyak 30 ribu personel,” katanya.

“Pengamanan mulai dilaksanakan hari ini (Kamis, 17/10/2019), dimana pasukan yang terlibat sudah di insert ke wilayah-wilayah sesuai tanggung jawabnya. Ring 1 dilaksanakan dan dibawah tanggung jawab Paspampres, Ring 2 dibawah tanggung jawab TNI dan Ring 3 dibawah tanggungjawab gabungan antara TNI, Polri dan unsur lainnya,” jelas Panglima TNI.

reporter | jeremitaran

Related posts

Leave a Comment