Hasban Sambut Baik Kehadiran Dewan Perpustakaan

TOPMETRO.NEWS – Sekretaris Daerah Sumatera Utara Hasban Ritonga, SH mengharapkan Dewan Perpustakaan Daerah Provinsi Sumatera Utara bahu membahu bersama Pemerintah memajukan bidang perpustakaan dan meningkatan minat baca di Sumatera Utara. Dikatakan Sekda, perpustakaan ibarat buku adalah jendela dunia sehingga merupakan salah satu sarana dalam mencerdaskan generasi bangsa.

Hal itu disampaikan Sekda Hasban dalam pertemuan dengan Dewan Perpustakaan Daerah Provinsi Sumatera Utara periode 2017-2020 di Kantor Gubsu, Kamis (20/04). Hadir Ketua Dewan Perpustakaan Daerah Provsu Prof. Dr. Hasim Purba,SH, MHum, Wakil Ketua Achmad Deni dan Sekretaris serta anggota.

Sementara Sekda didampingi Kepala Badan Perpustakaan Daerah Provsu Ferlin Nainggolan dan Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu Ilyas S Sitorus.

Sekda menyambut gembira telah diteribtkannya SK Gubsu tentang Dewan Perpustakaan Daerah Provinsi Sumatera Utara yang diantaranya bertugas memberikan pertimbangan nasihat dan saran bagi perumusan kebijakan dalam bidang perpustakaan.

“Jepang sudah sejak ratusan tahun silam membangun perpustakaan sampai di tingkat desa. Perpustakaan adalah jendela dunia dan sangat menentukan dalam pengembangan kualitas sumberdaya manusia suatu bangsa,” ujar Sekda Hasban.

Dikatakan Sekda, Perpustakaan erat kaitannya dengan pendidikan dan salah satu upaya memajukan pendidikan adalah lewat media perpustakaan. Karenanya Sekda berharap Dewan Perpustakaan dapat mendorong peningkatan minat baca melalui pertimbangan dan saran dalam perumusan kebijakan daerah terkait perpustakaan.

Selain itu, Sekda mengharapkan Dewan Perpustakaan Daerah Provsu dapat menjadi perpanjangan tangan pemerintah dalah menampung dan menyampaikan aspirasi masyarakat terhadap penyelenggaraan perpustakaan.

Ketua Dewan Perpustakaan Daerah Hasim Purba menjelaskan kehadiran pihaknya menjumpai Sekda dalam rangka perkenalan .Dia berharap Dewan Perpustakaan Daerah dapat menjalin koordinasi dan kerjasama yang baik dengan pemerintah.

Selain itu, Ilyas Sitorus mengajak Dewan Perpustakaan Daerah dapat ikut mendoronng lahirnya penulis-penulis produktif di Sumut sehingga semakin banyak karya penulis Sumut yang beredar di pasaran.“Sumut banyak menyimpan penulis, namun terkendala dengan sulitnya memasarkan buku dan minimnya penerbit local di Sumut. Ini harus kita carikan bersama solusinya,” ujar Ilyas.(TMN/Rel/Rb)

Related posts

Leave a Comment