DPRD Tinjau ruang Tahanan Polsek Medan Baru

ruang tahanan Polsek Medan Baru

topmetro.news – Sejumlah anggota Komisi I DPRD Medan melakukan kunjungan ke Mapolsek Medan Baru, Selasa (8/9/2020). Kunjungan tersebut untuk melihat situasi dan kondisi tahanan di ruang tahanan di Polsek Medan Baru.

Rombongan legislator yang dipimpin Ketua Komisi, Rudianto disambut langsung Kapolsek Medan Baru, Kompol Aris Wibowo dan personil. Dalam pertemuan itu, turut hadir Kapolsek Medan Kota, Kompol Rikki Ramadhan, SIK, Kapolsek Patumbak Kompol Arifin Fachreza.

Kepada para legislator, Aris mengaku, ruang tahanan Polsek Medan Baru sudah tak memadai untuk menampung tahanan yang masuk. Di ruang tahanan, terdapat 200-an lebih sementara kapasitasnya jauh lebih kecil dari jumlah yang ada saat ini.

Ruang Tahanan Polsek Medan Baru Membludak

“Kita prihatin melihat para tahanan karena sudah membludak. Setiap hari, ada saja yang masuk. Tahanan disini juga ada titipan kejaksaan. Kami juga kewalahan, apalagi kalau ada yang sakit,” bebernya.

Kondisi tersebut sebenarnya tidak hanya terjadi di Mapolsek Medan Baru. Hal serupa juga hampir terjadi di seluruh Polsek jajaran Polrestabes Medan, khususnya Polsek Medan Kota dan Patumbak.

Ketua Komisi I DPRD Kota Medan, Rudianto dalam sambutannya berjanji akan mendukung kepolisian untuk memanusiakan manusia.

Baca Juga: Reskrim Medan Baru Ringkus Pelaku Curas, Ini Barbutnya

“Kita sangat mendukung sepenuhnya, memanusiakan manusia sesuatu yang harus disambut dengan baik, kami akan membantu apa yang bisa kami lakukan,” imbuhnya seraya prihatin saat melihat keluarga tahanan menjenguk tahanan.

Anggota Komisi I DPRD Medan, Robi Barus menyarankan untuk jangka pendek, aparat kepolisian dapat mempergunakan aset Pemko Medan yang tak dipergunakan sebagai ruang tahanan sementara.

“Untuk sifatnya situasional, Pemko Medan kita minta memberikan gedung yang nantinya bisa didesain seperti ruang tahanan kepolisaian. Sebagai anggota Komisi I, kita akan terlibat dan melibatkan diri untuk mengkomunikasikannya dengan Pemko Medan,” bebernya.

Reporter : Thamrin Samosir

Related posts

Leave a Comment