DPRD Medan Minta PD Pasar Kembangkan Pedagang Kecil

PD Pasar Medan

topmetro.news – Sesuai dengan tujuan pendirian PD Pasar Medan, revitalisasi sebaiknya tidak hanya ditujukan untuk melakukan pembinaan terhadap pedagang pasar. Namun juga bertujuan untuk mengembangkan pedagang kecil dan pedagang tradisional.

Hal itu diungkapkan anggota Fraksi Partai Golkar DPRD Kota Medan, Modesta Marpaung, saat menyampaikan pandangan fraksinya dalam rapat paripurna tentang pemandangan umum terhadap nota pengantar Walikota Medan atas Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kota Medan tentang Perusahaan Daerah Pasar Kota Medan di Gedung DPRD Kota Medan, Senin (13/8/2018).

“Selama ini sering kali muncul permasalahan ketika dilakukan revitalisasi pasar yang dikelola PD Pasar Medan. Pedagang kecil dan pedagang tradisional tidak bisa kembali berjualan di pasar yang sudah diremajakan. Karena biaya sewa yang semakin tinggi,” ungkap anggota Komisi C itu.

PD Pasar Medan Utamakan Pelayanan

Dalam rangka pembangunan pasar, PD Pasar Medan diminta tetap mempersiapkan kios-kios bagi masyarakat dengan skema tertentu bagi pedagang yang berkemampuan rendah.

“Atas dasar inilah, Fraksi Partai Golkar menyambut baik diajukannya ranperda ini, guna meningkatkan profesionalitas perusahaan daerah. Namun dalam operasionalnya, tidak semata-mata mencari keuntungan saja. Tetapi lebih mengutamakan pelayanan, baik kepada masyarakat dan pedagang, dengan pengelolaan pasar yang berdaya saing dan nyaman,” jelasnya.

Untuk membina dan mengembangkan pedagang kecil, melalui ranperda tersebut, PD Pasar Medan juga diminta membuat ketentuan yang mengarah pada kebijakan pengelolaan pasar yang lebih modern. Namun tetap mempunyai ciri khas dan keunikan tersendiri. Sehingga menjadi bagian dari promosi pariwisata Kota Medan.

“Dalam upaya pembangunan pasar, PD Pasar Kota Medan juga harus memperhatikan lokasi pasar dengan sarana pendukung. Seperti kebersihan, akses jalan dari dan ke pasar dan fasilitas pendukung lainnya. Sehingga pembeli merasa aman dan nyaman dalam berbelanja,” ungkapnya. (TM-RAJA)

Related posts

Leave a Comment