Terima Benih Gratis, Petani Kopi di Tobasa Kian Bergairah

Topmetro.News – Terima benih gratis sebanyak 94.000 batang bibit kopi yang dikerjakan Kelompok Tani Simarmar Marsada dibawah Izin CV For Bhakti Satya, rencananya akan diberikan ke koptan (kelompok tani) di wilayah Tobasa dan sekitarnya secara gratis. Dengan terima benih gratis itu, diperkirakan petani kopi di wilayah Tobasa dan sekitarnya akan lebih bergairah.

Firdaus Hutagaol selaku pihak yang dipercaya melakukan pembenihan bibit kopi hingga bisa di tanam oleh kelompok tani penerima menyebutkan, pembibitan itu berlokasi di Dusun III Simarmar Simangonding Naga Baling Desa Hutagaol Peatalun Kecamatan Balige.

Kelompok tani ini, kata Firdaus Hutagaol, hanya mendapatkan upah kerja. Selebihnya, ditanggung Dirjen BUN dan bekerja sama dengan Disbun Kabupaten Toba Samosir.

Jumlah benih yang ditanam 123.000 batang, sementara target yang harus hidup dan dibagikan ke kelompok tani di masyarakat 94.000 batang.

Oktober, Petani Dijadwalkan Terima Benih Gratis

Menurut dia, proses penanaman bulan Februari lalu dan rencananya bibit petani terima benih gratis dijadwalkan medio Oktober atau awal musim hujan tahun ini.

Diakui pula, benih gratis yang akan disalurkan ke masyarakat itu bersertifikat lulus uji dari Balai Besar Pengujian Benih Provinsi Sumatera Utara.

Dia berharap pemberian benih kopi gratis ini bisa mendatangkan keuntungan bagi para petani.

Sementara itu, Darwin Siagian Bupati Tobasa berharap agar bibit kopi petani tidak lagi ‘diimpor’ dari luar Toba Samosir.

“Saya berharap bibit kopi tidak ada lagi dari luar Toba Samosir. Sekarang kan sudah ada bibit yang memiliki sertifikat pembibitan kopi. Jadi kita tidak perlu impor, mendatangkan bibit dari luar daerah,” katanya baru-baru ini. (*)

Related posts

Leave a Comment