PTPN IV Implementasikan Teknologi Digital pada Bidang Human Capital

PTPN IV

topmetro.news – Perkembangan teknologi dan didukung dengan kemampuan sumber daya manusia yang berkualitas, membuat PTPN IV saat ini mengembangkan portal aplikasi SDM dengan “single sign on”, login yang diberi nama “Integrated Human Capital System” (IHCS).

“Aplikasi itu mulai dibangun sejak tahun 2018 lalu dan akan terus dikembangkan, untuk membantu perusahaan dengan mengoptimalkan penggunaan teknologi, sumber daya manusia dan sumber daya lainnya secara efektif, efisien dan akurat,” ungkap Direktur PTPN IV, Sucipto Prayitno melalui siaran pers yang diterima Kamis (24/9/2020).

Sebelumnya, Rabu (23/9), dilaksanakan Podcast yang dihadiri Senior Executive Vice President (SEVP) Operation I Rizal H. Damanik, SEVP Operation II Joni Raja Siregar, SEVP Business Support Budi Susanto, Kepala Bagian, General Manajer Distrik I – IV, Manajer Kebun/ Pabrik/ Balai Benih dan Kasubag/ Kabid/ Maskep/ Askep/ Staf.

Pelaksanan podcast dilakukan Kepala Bagian SDM, Bambang Agustian dan team (Isna Hidayah, Vadila Winanda, Afrizal Yusren dan Harapan Harefa) serta Bagian Perencanaan Strategi oleh Kepala Bagian Renstra, Dhany Hermawan dan team (Walbanta Tarigan).

“Dengan sekali login aplikasi IHCS ini, dapat menggunakan banyak aplikasi sesuai dengan role-nya seperti manajemen SSO IHCS, SDM E-Filing, E-Absensi, M-Simkar PTPN4, SEMAKIN4-Karpel, SDM-Dashboard, Talent Management, Neosimkar, E-Internship dan ElementN4,” paparnya.

Baca Juga: PTPN IV Alokasikan Rp3 Miliar untuk Dukung Program PEN

Melalui aplikasi yang tersentralisasi dan terintegrasi dengan SAP module HCM ini, katanya, potensi penghematan yang dapat dicapai perusahaan sebesar Rp6,1 miliar/ tahun. Apalagi, industri perkebunan sudah saatnya berubah dan bergerak nyata menuju modernisasi dengan memanfaatkan kemajuan teknologi digital, jika tidak ingin ketinggalan di era modernisasi.

Dengan modernisasi yang memanfaatkan keunggulan teknologi digital, korporasi ingin menjadi pemain industri perkebunan yang maju dan berkembang. “Teknologi digital menjadi kunci untuk daya saing perkebunan di tengah persaingan yang kompetitif,” urainya.

Untuk menunjang program tersebut, PTPN IV didukung sumber daya manusia yang kompeten serta struktur dan infrastruktur IT yang mumpuni. “PTPN IV siap menghadapi masa depan yang sulit diprediksi di tengah pandemi Covid-19 ini,” tambah Kepala Bagian Sekretariat Perusahaan Riza Fahlevi Naim.

Reporter | Thamrin Samosir

Related posts

Leave a Comment