Tersangka Kasus Penipuan Rp4 Miliar Ditahan Poldasu

tersangka kasus penipuan

topmetro.news – Penyidik Ditreskrimum Poldasu melakukan penahanan terhadap tersangka pengusaha PT Pusaka Abadi Makmur, Tri Arianto alias A Huat (52) karena kasus penipuan terhadap adik sepupu kandungnya, Ali Sutomo sebesar Rp 4 miliar lebih.

Tersangka tinggal secara berpindah-pindah, yakni di Kompleks Cemara Asri Jalan Anggur No 8 K.

Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Poldasu Kombes Irwan Anwar ketika dikonfirmasi membenarkan penahanan tersangka Tri Arianto.

“Benar, ditangani Subdit II, sekarang ditahan,” kata Kombes Irwan Anwar, kemarin.

Tersangka Kasus Penipuan Dilaporkan

Diketahui, Tri Arianto ditahan dalam kasus penipuan atas laporan pengaduan Ali Sutomo sesuai bukti laporan No.LP/34/I/2020/Sumut/SPKT “I” tanggal 9 Januari 2020.

Korban Ali Sutomo mengaku, menjual sebidang lahan yang di atasnya ada bangunan kos-kosan di Jalan Gajah Mada Medan sebesar Rp16 miliar, kepada Tri Arianto yang merupakan abang sepupu kandungnya.

Tersangka kasus penipuan menggadaikan lahan berikut bangunan itu ke Bank Danamon melalui PT Pusaka Abadi Makmur sebesar Rp. 16 miliar.

Baca Juga: Polda Sumut Batalkan Aksi Panggung DJ di Deliserdang

Tetapi, tersangka membayarkan kepada korban sebesar Rp. 11.820.000.000 dan tersangka berjanji sisanya sebesar Rp.4.180.000.000 akan dibayarkan kemudian.

“Tapi, saya bolak-balik menagih sisa hutangnya tidak kunjung mau membayar dengan alasan macam-macam. Karena saya merasa telah ditipu, akhirnya saya melaporkan Tri Arianto ke Poldasu dan tersangka sudah sekitar 1 Minggu mendekam di RTP Mapoldasu,” jelas Ali Sutomo, Minggu (4/10/2020).

Korban menduga, uang sisa utang tersangka itu digunakan untuk membeli rumah mewah di Kompleks Cemara Asri dan kebutuhan istri-istri tersangka.

Sementara, seorang teman tersangka mengakui, Tri Arianto salah seorang pengusaha sukses di Stabat Kabupaten Langkat.

“Dia punya dua rumah mewah di Jalan Sempurna yang dihuni istri pertama dan kedua dan satu gudang PKS (Pabrik Kelapa Sawit). Bahkan, kalau tidak salah ada 20 unit lebih mobil truk miliknya. Tapi, walau dikenal pengusaha sukses tidak begitu dekat dengan warga sekitar,” ujar pria yang tidak bersedia menyebut identitasnya.

Reporter | Dedi

Related posts

Leave a Comment