91 Warga Sumbar Masuk Hutan Cari Sumber Air, 77 Orang Dinyatakan Hilang

warga Sumbar hilang

topmetro.news – Sedikitnya 77 warga Sumbar hilang. Mereka dari Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Akibat peristiwa ini sontak warga setempat dibuat geger, pasalnya, hingga Minggu (4/10/2020) pagi mereka masih dinyatakan hilang di dalam hutan Kabupaten Agam.

77 Warga Sumbar Hilang, Kehilangan Kontak

Info diperoleh, hingga kini, Tim SAR Gabungan masih mencari keberadaan mereka. Sementara 14 orang lainnya yang berhasil ditemukan dan dievakuasi dari dalam hutan, sejak diketahui loss contact Sabtu (3/10/2020) sudah diamankan.

Muhammad Luthfi, Kepala Badan Pelaksana BPBD Agam mengatakan pihaknya menerima laporan kehilangan itu pada Minggu (4/10/2020).

Diketahui, rombongan yang hilang tersebut berangkat masuk hutan pada Sabtu (3/10/2020) pagi.

“Warga ini terdiri atas dua rombongan. Mereka dari Nagari Suayan, Lima Puluh Kota. Rombongan pertama 14 orang, dipimpin wali nagarinya. Mereka mencari sumber air di daerah perbatasan dengan Kamang Hilia (Kabupaten Agam). Rombongan kedua, ada 77 orang lagi, dengan tujuan membuka jalur wisata,” kata Luthfi.

Rombongan pertama yang berjumlah 14 orang sudah ditemukan, setelah diketahui turun di sekitar daerah Simarasok, Kecamatan Baso, Agam.

“Kondisi 14 orang ini dilaporkan dalam keadaan baik-baik saja,” kata Luthfi.

Berikut ini nama ke-14 dari 91 orang yang sudah ditemukan, sesuai dengan catatan tertulis yang dibagikan BPBD Agam kepada wartawan (lihat data).

Sejak kemarin cuaca di Agam dan sekitarnya, kata Luthfi, memang mendung dan hujan.

BPBD Agam dan Basarnas sudah turun untuk melakukan pencarian.

Kamang Hilia dan Suayan merupakan daerah perbatasan kedua kabupaten.

“Upaya pencarian masih dilakukan saat ini. Cuaca memang sejak kemarin hujan lebat,” katanya.

DATA 14 KORBAN DITEMUKAN SELAMAT

1. Mis farizon (Wali Nagari Suayan)
2. Ulul azmi (Kepala Jorong Sabar)
3. Riswandi
4. Asril
5. Nasri
6. Zulfikar,
7. Uco
8. Desrizal
9. Arman
10. Jirin
11. Jontardi
12. Baktul (Jorong Suaian Tinggi)
13. Ris (Jorong Suayan Randah)
14. Gusdakamri

BACA SELENGKAPNYA | Kapal Pengangkut TKI Asal Sumut Tenggelam, 10 Orang Hilang

Seperti diwartakan TOPMETRO.NEWS sebelumnya, kapal pengangkut TKI (Tenaga Kerja Indonesia) dilaporkan tenggelam dalam perjalanan menuju negara tetangga Malaysia. 10 orang masih dalam pencarian Basarnas Pekanbaru. Dari daftar manivestasi penumpang kapal, banyak yang ditumpangi TKI asal Sumatera Utara.

Info yang diperoleh, kapal yang tenggelam dimaksud jenis kapal pompong.
Menurut Kepala Basarnas Pekanbaru, Ishak melalui Kapten Kapal Negara (KN) RB 218 Basarnas Pekanbaru, Leni Tadika mengatakan, kapal itu membawa 20 orang TKI dan 10 diantaranya sudah berhasil diselamatkan sementara 10 lainnya dilaporkan hilang, masih dalam pencarian petugas.

reporter | dpsilalahi

sumber | riausky/padangekspres

Related posts

Leave a Comment