Wagub Sumut Resmikan Pilot Project Menuju Desa Madani dan Panen Perdana Kebun Sayur Hidroponik

Wagub Sumut meresmikan

topmetro.news – Wagub Sumut Musa Rajekshah meresmikan pilot project menuju Desa Madani dan panen perdana kebun sayur hidroponik, Selasa (6/10/2020), berlokasi Badan Kemakmuran Mesjid Baitul Makmur Desa Kutambelin Kecamatan Namanteran Kabupaten Karo.

Pada acara itu hadir Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH, Kepala BNN Karo AKBP Heppi Karokaro, Kadis Pertanian Karo Metehsa Purba, dan Camat Namanteran Dwi Kora Sitepu. Juga, tokoh agama tokoh ormas dan tokoh adat.

Wagub Sumut dalam sambutannya menyebutkan, bahwa Desa Kutambelin Karo patut diapreisasi dan ditiru. Pasalnya desa tersebut memiliki kreatif dan inovasi dalam mengembangkan desa membantu masyarakat petani.

“Sistem itu terpadu dengan kebun hidroponik, untuk menciptakan lapangan kerja dengan menambah pendapatan. Dan tidak membutuhkan lahan yang luas namun hasilnya memuaskan,” ujarnya.

Lebih uniknya lagi, katanya, kalangan pihak perhotelan banyak menggemari sayur mayur hasil kebun hidroponik sayur-mayur. Sehingga Pemprov Sumut tertarik ingin menggulirkan bentuk usaha lain yaitu ternak lebah. Karena sejalan dengan kebun hidroponik untuk melengkapi keinginan masyarakat yang aktif bertani.

Hal ini juga membantu kondisi terakhir saat ini, khususnya Desa Kutambelin Karo yang terdampak Erupsi Gunung Sinabung. Sangat cocok dengan penambahan usaha tersebut, guna meningkatkan pendapatan petani.

Berkaitan dengan itu, Wagub Sumut minta Pemkab Karo mendata lokasi peternakan lebah yang tepat. Agar, Pemprov Sumut dapat meng-input sesuai kebutuhan. Karena saat ini, bantuan ternak lebah tersedia berkisar 500 kotak.

Musa Rajekshah berharap ke depan Pemkab Karo harus sejalan dalam hal kegiatan yang bergulirkan, minimal mengalokasikan anggaran. Sehingga terjadi kolaborasi yang sinergis.

Dukungan Pemkab Karo

Pada kesempatan yang sama, Bupati Karo Terkelin Brahmana mengatakan, pada prinsipnya Pemkab Karo sangat mendukung Pemprov Sumut terkait ternak lebah.

“Usulan itu akan kita angkat ke permukaan pada Musrembang. Sehingga apa yang digulirkan anggaran dapat ditampung. Tentu kita tetap berkoordinasi dengan pihak Pemprov Sumut,” katanya.

reporter | Rafael M Putra Pinem

Related posts

Leave a Comment