Gubsu: Masyarakat Madina Masih Banyak yang Melanggar Protokol Kesehatan

Gubernur Sumut berkunjung

topmetro.news – Gubernur Sumut Edy Rahmayadi bersama pimpinan OPD Sumut berkunjung ke tempat isolasi terdampak Covid-19, Bagas Godang Saba Purba Desa Purba Baru Kecamatan Lembah Sorik Marapi Mandailing Natal (Madina), Selasa (6/10/2020).

Bersama rombongan, Gubsu dan istri tiba di Bagas Godang sekira pukul 05.15 WIB, disambut langsung tokoh Adat Madina, alim ulama, serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Madina.

Pada saat turun dari mobil dinas dengan Nomor Polisi BK 1, Edy Rahmayadi bersama Ketua TP PKK Sumut Nawal Lubis Edy Rahmayadi diberikan ulos yang dikenakan langsung oleh pengurus Forum Pelestarian Adat Budaya(FPAB) Madina yang diketuai oleh H Hasanul Arifin Nasution.

Gubsu Edy Rahmayadi dalam sambutannya menyatakan, bahwa pada saat perjalanan menuju lokasi Bagas Godang, ia melihat masih banyak masyarakat Madina yang melanggar protokol kesehatan. Antara lain tak menggunakan masker.

“Saya melihat secara rill kondisi ini. Sengaja saya masuk dari Pesantren Tapanuli Selatan masuk ke Madina. Saya punya gambaran. Saya lihat masyarakat sepanjang jalan masih banyak yang tidak mematuhi protokol kesehatan. Maka dari itu saya meminta kepada Pemerintah Kabupaten Madina agar memperketat peraturan daerah terkait Covid-19 ini,” pintanya.

Isolasi Warga Madina

Pjs Bupati Madina Ir Dahler Lubis dalam pidatonya mengatakan, bahwa Pemkab Madina telah menetapkan dan mengoperasionalkan Bagas Godang sebagai tempat isolasi untuk warga yang terkonfirmasi tanpa gejala. Sekaligus menjadi Posko Satgas Covid-19.

“Bagas Godang ini telah kita jadikan tempat isolasi bagi warga yang terkonfirmasi tanpa gejala. Sekaligus menjadi Posko Satgas Covid-19. Ada pun proyeksi kapasitas tempat isolasi ini sebanyak 53 tempat tidur. Dan manakala nantinya kasus ini semakin berkembang, Pemerintah Madina akan menambah hingga kapasitas 80 tempat tidur,” terangnya.

Dahler juga memaparkan, pasien yang terawat dalam kamar Bagas Godang saat ini sebanyak 16 orang. Dan saat ini yang sudah kembali ke keluarga sebanyak enam orang. Dengan tingkat persentase pasien rawatan yang sudah selesai masa isolasi Bagas Godang mencapai 100 persen.

Dan dari data terkait jumlah warga yang terkonfirmasi Covid-19 untuk wilayah Madina yang topmetro.news himpun dari Gugus Tugas Covid-19 Madina pertanggal 6 Oktober 2020 sebanyak 109 orang. Kontak erat 225 orang dan suspek satu orang.

Pantauan topmetro.news pada saat kunjungan, Gubsu Edy Rahmayadi juga menyerahkan bantuan dari Gugus Tugas Sumut. Berupa 260 handsanitizer, 520 APD (alat pelindung diri), dan satu kotak ventilator anak.

reporter | Jeffry Barata Lubis

Related posts

Leave a Comment