Dibantu 6 Ambulans, Bupati Karo: Bukan untuk Kepentingan Pribadi

Bukan untuk Kepentingan Pribadi

topmetro.news – Bukan untuk kepentingan pribadi. Begitu kata Bupati Karo saat menerima bantuan 6 unit ambulans dari Kemenkes (Kementerian Kesehatan) RI kepada Dinas Kesehatan Pemkab Karo. Ini untuk memenuhi pelayanan tenaga medis kesehatan di setiap Puskesmas yang tersebar di 17 kecamatan.

Sebelumnya, Pemkab Karo telah menerima bantuan kendaraan ambulans 17 unit tahun 2019 dari Kemenkes RI.

Hal itu disampaikan Kadis Kesehatan Karo drg Irna Safrina Meliala kepada wartawan, Rabu (7/10/2020) di Kabanjahe saat menyaksikan penyerahan ambulans oleh Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, MH kepada Puskesmas di kantor Bupati, Kabanjahe.

Menurut Irna, dengan adanya bantuan ambulans itu, pihaknya telah memenuhi amanat Permenkes No43/2019 bahwa setiap Puskesmas memiliki satu ambulans dan satu Pusling.

Jadi saat ini Puskesmas di Karo sudah memiliki ambulans di 17 kecamatan, sebanyak 23 ambulans.

Namun, kata Irna ada beberapa Puskesmas yang mendapat 2 ambulans mengingat faktor dan kondisi wilayah, sehingga mereka diberikan tambahan alat sarana transportasi, sebab sebelumnya kita ajukan 38 unit dan masih terealisasi 23 unit.

Ditambahkan Irna, 6 kendaraan itu akan diterima Puskesmas Juhar 1 unit, Kutabuluh 1 unit, Merdeka 2 unit, Munte 1 unit sedangkan Lau baleng 1 unit.

Bupati Karo saat menyerahkan 6 unit ambulans kepada Kepala Puskesmas, tidak lupa menyampaikan terimakasihnya kepada Kemenkes RI yang telah merespons kebutuhan tenaga medis kesehatan yang bekerja melayani masyarakat.

Hal ini tercapai berkat komunikasi dan kepedulian Dinas Kesehatan Karo dalam mengikuti perkembangan, sehingga tuntutan pelayanan kesehatan khususnya di tingkat kecamatan butuh kendaraan ambulans dan Pusling (Puskesmas Keliling).

Lebih lanjut Bupati menekankan agar penggunaan ambulans dan Pusling dirawat dengan baik dan hindari penggunaan untuk kepentingan pribadi.

“Inilah kebanggaan bagi tenaga medis, disaat transportasi sarana untuk bekerja di lapangan sudah memenuhi, maka pelayanan semakin baik dan apa yang telah diberikan negara ini, wajib dimanfaatkan demi kemanusiaan,” tegas Bupati Terkelin.

Bupati Karo Terkelin Brahmana sempat menguji coba salah satu ambulans dengan menghidupkan mesin sebagai simbolis pelayanan ambulans kedepan sudah berjalan.

BACA SELENGKAPNYA | Pjs Bupati Sergai Terima Bantuan APD Pemprovsu

Seperti diwartakan topmetro.news sebelumnya, Pjs Bupati Sergai (Bupati Serdang Bedagai) Ir. H. Irman, M.Si, Jumat (2/10/2020) di ruang kerjanya Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, menyampaikan apresiasi kepada Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H. Edy Rahmayadi atas bantuan yang sudah sampai di Sergai dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) berupa Alat Pelindung Diri (APD) dalam rangka percepatan penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Bantuan ini diperoleh berkat inisiasi dari Pjs. Bupati Sergai yang telah melakukan koordinasi dengan Pemprovsu melalui Kepala BPBD Provsu Dr. Ir. Riadil Akhir Lubis sehingga turun bantuan APD ke Sergai. Hal ini juga merupakan upaya Pjs Bupati dalam menekan penyebaran Covid-19 di Sergai.

penulis | rafael mputra pinem

Related posts

Leave a Comment