Pengentasan Covid-19, Pemerintah Akan Isolasi Warga Terkontaminasi di Hotel

isolasi di hotel

topmetro.news – Untuk pengentasan masalah Pandemi Coronavirus Disease (Covid19) di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) yang saat ini sudah dalam zona merah, pemerintah akan melakukan tindakan tegas dengan melakukan isolasi kepada warga yang terkontaminasi Covid-19 di hotel dengan pengawalan medis yang ketat.

Demikian penegasan Pjs Bupati Madina Ir H Dahler Lubis kepada sejumlah wartawan media cetak dan online saat melakukan audensi dan silaturahmi. Dalam kegiatan yang berlangsung, Jumat (9/10/2020) sore, bertempat ruang kerja pjs bupati itu, turut mendampingi, Kadis Kominfo Drs Sahnan Pasaribu.

Pengambilan keputusan itu setelah Gubernur Sumut Edy Rahmayadi melakukan kunjungan kerja beberapa hari ke Kabupaten Madina. Antara lain untuk melakukan beberapa lawatan seperti memberikan bantuan APD, koordinasi dengan para dokter dari IDI dan melihat Bagas Godang tempat isolasi bagi warga yang reaktif Covid-19, dan kegiatan lainnya.

“Perintah Pak Gubsu telah kita tindaklanjuti dengan melakukan survei hotel untuk kita jadikan tempat isolasi bagi warga yang positif Covid-19. Dan dari beberapa hotel yang ada di Kota Panyabungan, bersama Kapolres Madina dan Dandim 0212 TS, disepakatilah Hotel Madina Sejahtera untuk tempat isolasi tersebut,” terangnya.

Alasan Memilih Hotel

Menurutnya, alasan memilih Hotel Madina Sejahtera menjadi tempat isolasi, karena kamar yang ada dalam hotel tersebut mereka nilai cukup untuk jadi tempat isolasi bagi warga Madina yang terdampak Covid-19. Untuk informasi, pada hari terakhir ini, berdasarkan info dari Gugus Tugas Madina ada sebanyak 113 orang.

Katanya. Bagas Godang yang awalnya akan jadi tempat isolasi khusus bagi warga terdampak Covid-19. Nantinya hanya akan untuk warga yang terdampak reaktif Covid19 saja.

Kemudian bagi warga yang terdampak positif Covid-19, nantinya akan khusus isolasi dalam kamar Hotel Madina Sejahtera. Hal ini berlaku, agar bisa dengan mudah melakukan kontrol kepada setiap warga yang terdampak Covid-19.

“Seperti yang dilakukan di Pulau Nias, setelah nantinya kita aktifkan isolasi yang ada di Hotel Madina Sejahtera. Guna pengentasan dan pemutusan penyebaran Virus Covid19 ini, bagi warga yang terdampak Covid19 akan kita lakukan penjemputan. Serta kita isolasi sesuai dengan jenisnya,” katanya.

“Seperti contoh, apabila reaktif Covid-19 kita isolasi dalam Bagas Godang. Dan bila positif Covid-19, isolasi dan penanganannya akan kita lakukan dalam Hotel Madina Sejahtera,” paparnya.

reporter | Jeffry Barata Lubis

Related posts

Leave a Comment