Ikuti Prokes, Ketua PN Medan Imbau Pengunjung Patuhi 3M

Ketua PN Medan

topmetro.news – Upaya mengantisipasi penyebaran Corona Virus Disease (Covid) 19, Ketua PN (Pengadilan Negeri) Medan, Sutio Jumagi Akhirno, SH, MH menghimbau kepada pengunjung sidang untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dan menjalankan 3 M (Memakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga jarak).
Demikian diungkapkan ketua PN Medan, Sutio Jumagi Akhirno, SH, MH didampingi Wakil ketua PN Medan, Abdul Aziz, SH, MH kepada wartawan saat menyambangi Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) PN Medan, Rabu (21/10/2020).

“Sebenarnya kalau di hari-hari biasa sebelum pandemi (Covid-19), jumlah ruangan yang ada sudah mencukupi. Tapi sekarang ini kan masa pandemi, jadi ruangan yang ada pasti kurang karena setiap pengunjung harus jaga jarak dan menjalankan protokol kesehatan serta 3 M,” ucap ketua PN Medan, Sutio Jumagi Akhirno.
Selain itu Sutio Jumagi Akhirno juga mengakui kendala yang terjadi saat ini karena keterbatasan anggaran.

Saran Ketua PN Medan

“Makanya dengan keterbatasan anggaran dan dana yang ada sekarang ini, kita coba memanfaatkan apa yang ada. Dan kepada pengunjung kita harapkan untuk memanfaatkan segala fasilitas di sini. Artinya, kalau memang membludak, pengunjung kita imbau untuk menunggu di ruang tunggu dan jangan bergerombolan,” ungkap Sutio sembari katakan agar tetap terjaga kenyamanan.

Mengenai pelayanan yang berjalan selama ini, Sutio menyebut telah berjalan sebagaimana mestinya. Pengunjung dipermudah dengan adanya sistem Simada (sistem managemen persidangan). Cukup mengklik aplikasi yang tertera di PTSP, pengunjung akan dapat melihat langsung jadwal sidang.

“Jadi pengunjung tak perlu lagi sulit, cukup melihat TV yang ada di sini, cukup menyentuh atau mengklik aplikasi Simada, semuanya bisa terjadwal,” jelas Sutio.

Baca Juga: Gelar Simulasi PPS, KPU Medan Patuhi Prokes

Sebelum mengakhiri Sutio juga menyebutkan bahwa pihaknya juga telah menyiapkan aplikasi Bang Adil yang merupakan pengembangan dari aplikasi Digital Mandiri di PN Medan. Cukup mengetik Bang Adil di banner, semua yang diperlukan atau dibutuhkan di PN Medan ini langsung keluar.

“Kita juga memberikan kompensasi bagi pengunjung PN Medan atas keterlambatan atau pengurusan di PTSP. Nah, di situ apabila terjadi kendala, seperti keterlambatan petugas masalah pengurusan surat keterangan, kita memberikan kompensasi berupa minuman dan makanan ringan. Apabila sekian menit pelayanan dinilai lambat akan diberikan minuman ringan atau sekian menit lagi terlambat dalam pengurusan surat keterangan, pengunjung akan diberikan makanan ringan,” terang Sutio.
Dengan aplikasi Simada dan Bang Adil, Sutio berharap pelayanan di PN Medan bisa lebih maksimal.

Penulis | Erris Julietta Napitupulu
Medan-Sumatera Utara

Related posts

Leave a Comment