KETIKA AREA PERKEBUNAN PTPN IV TERAPKAN 3M

Manajemen PTPN IV mengikuti rapat melalui zoom meeting terkait penekanan penyebaran Covid 19.

topmetro.news – Manajemen PTPN IV berkomitmen menerapkan 3M (menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak) dan standar protokol kesehatan di lingkungan  kerja PTPN IV baik area perkantoran maupun area perkebunan.

Baik di Kantor Direksi maupun jajaran kebun milik BUMN tersebut cukup serius mencegah penyebaran penyakit yang disebabkan Corona virus disease (Covid 19).

Manajemen maupun keluarga besar PTPN IV memahami dan mematuhi imbauan yang disampaikan Direktur PTPN IV, Sucipto Prayitno untuk peduli 3M dan perubahan perilaku baru tersebut.

Sejumlah pejabat maupun warga perkebunan ketika dikonfirmasi wartawan mengaku perubahan perilaku terus digencarkan sehingga 3 M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak) menjadi perilaku baru yang konsisten di masyarakat.

“Cuci tangan, jaga jarak, dan hindari kerumunan, berolahraga, asupan vitamin dan gizi, periksa diri jika gejala, melapor jika ada gejala, menurutnya perlu lebih disadarkan kepada masyarakat,” urai salah seorang pegawai setempat.

Imbauan Dirut PTPN IV tersebut tidak hanya sebatas pernyataan bagi segenap jajarannya maupun pemangku jabatan puncak tetapi dibarengi dengan sanksi yang cukup tegas.

Seperti apa yang disebutkan para security di salah satu kebun di lingkungan PTPN IV bahwa untuk akses masuk selain melalui pemeriksaan suhu badan, membasuh tangan juga wajib memakai masker.

Bila terdapat karyawan yang lolos tanpa mengenakan masker dan ketahuan Direksi, Manajer yang kena sanksi, kata security itu seraya menyatakan hal ini dilaksanakan baik.

Tidak semudah yang dibayangkan untuk akses masuk ke wilayah kerja di lingkungan PTPN IV itu, mengingat penerapan standar operasional prosedur (SOP) cukup ketat diberlakukan tanpa pengecualian.

Mungkin banyak orang yang mengeluhkan sikap ketegasan PTPN IV tapi aturan itu sudah baku guna pencegahan penyebaran covid 19.

PROTAP PROTOKOL KESEHATAN DI KEBUN

Sesuai imbauan Direktur Utama PTPN IV, bila anda harus masuk ke wilayah kerja di lingkungan PTPN IV, harus siap mengikuti prosedur yang berlaku sesuai protap atau protokol kesehatan (prokes). Bahkan anda harus mengantongi surat kesehatan melalui rapid test.

Tapi bila kita menyadari, apa yang diterapkan PTPN IV dengan SOP protokol kesehatan pencegahan penyebaran Corona virus disease 19 bukan bertujuan untuk menghambat kepentingan masyarakat dalam berurusan ke internal itu, juga bukan pula sebagai cermin arogansi, melainkan PTPN IV sebagai perusahaan yang bonafit berupaya menyelamatkan banyak orang agar tidak terpapar akibat penyebaran covid 19 sebagaimana yang dianjurkan Pemerintah.

Penerapan SOP pencegahan penyebaran Corona Virus Disease 19 ini tidak hanya bagi masyarakat umum yang berurusan namun juga berlaku untuk semua karyawan.

Direktur PTPN IV Sucipto Prayitno secara tegas menyampaikan kepada para manajer kebun di lingkungan  wilayah kerjanya untuk benar-benar mentaati penerapan SOP pencegahan penyebaran covid 19, meski pernyataannya  itu disampaikan melalui Vidio Conference tatap muka jarak jauh.

PENULIS : THAMRIN SAMOSIR

MEDAN –SUMATERA UTARA

Related posts

Leave a Comment