DPRDSU: 644 Penghuni Lapas Perempuan Tanjung Gusta Resah Tertular Covid-19

penghuni Lapas Perempuan

topmetro.news – Sekretaris Fraksi Demokrat DPRD Sumut Parlaungan Simangunsong menerima keluhan penghuni Lapas Perempuan Tanjung Gusta Medan. Bahwa dari 644 orang penghuni Lapas tersebut, 150 orang dari antaranya sudah positif Covid-19. Lalu 120 sudah menjalani swab, tapi hasilnya belum keluar.

“Dengan melihat banyaknya penghuni Lapas tertular Covid-19, harus menjadi perhatian serius Kanwil Kemenkumham Sumut dengan melakukan antisipasi secepatnya. Yakni mengisolasi mandiri sekaligus memberikan obat-obatan. Berupa vitamin dan makanan sehat,” ujar Parlaungan Simangunsong kepada wartawan, Rabu (5/11/2020), melalui telepon.

Selamatkan Penghuni Lapas

Politisi Partai Demokrat ini menambahkan, pihaknya sempat kaget mendengar banyaknya penghuni Lapas Perempuan terinfeksi Covid-19. Sehingga anggota legislatif ini mendesak Dinkes Sumut bersama Satgas Penanggulangan Covid-19 Sumut untuk segera turun ke Lapas. Tujuannya untuk menyelamatkan para penghuni Lapas dari serangan Virus Corona itu.

“Penghuni Lapas juga manusia. Harus segera diselamatkan dan dilindungi dari virus yang mematikan tersebut,” tandas Parlaungan.

Ia mendesak Kanwil Kemenkumham Sumut untuk memeriksa swab penghuni Lapas secara berkala. Ha; itu guna memastikan kawasan itu sudah bebas dari Covid-19.

Bahkan Sekretaris Komisi D ini mengusulkan kepada Kanwil Kemenkumham Sumut untuk mengarahkan seluruh penghuni lapas mengisolasi mandiri pada berbagai tempat. Bertujuan untuk mensterilkan Lapas dari bahaya Covid-19. Sehingga mata rantai penularannya bisa segera terputus.

reporter | Rafael M Putra Pinem

Related posts

Leave a Comment